PEMPROV GORONTALO

Lewat Program Literasi, 23 SMA di Provinsi Gorontalo Kenal Lebih Dekat TNI AL

Melalui program literasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, 23 SMA mengenali lebih dekat Tentara Negara Indonesia Angkatan Laut.

Editor: Dinie S Awwali
TribunGorontalo.com/ Agung Panto
Para siswa SMA berswafoto di salah satu armada TNI AL Gorontalo yakni kapal penjaga teritorial laut Gorontalo KAL LIMBOTO I833. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Melalui program literasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, 23 SMA mengenali lebih dekat Tentara Negara Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Program literasi yang diikuti 23 SMA di Provinsi Gorontalo itu diselenggarakan di Markas Komando TNI AL, Jalan R. Atje Slamet, Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, Kamis (1/12/2022).

Program tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para siswa mengenai bela negara.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Taufiq El Hakim Sidiki mengatakan, literasi yang dilakukan untuk mengenali secara langsung TNI AL.

“Dalam rangka memperkenalkan anak didik sekolah terkait hal-hal yang ada di wilayah termasuk TNI AL,” ucap Taufiq.

Taufiq pun berharap, siswa yang akan mengakhiri masa sekolah di bangku SMA dapat mengenal dan mengetahui terkait langkah mereka dalam melanjutkan pendidikan, khususnya yang memiliki minat menjadi TNI.

“Harapan kami tentunya mereka jangan canggung dan jangan takut untuk bisa mengikuti pendidikan angkatan laut ini, terlebih dalam kegiatan ini para siswa dikenalkan dengan kapal milik dari TNI AL,” tutup Taufik

Baca juga: IAIN Gorontalo Terus Genjot Inovasi Perpustakaan di Era Digital

Ditempat yang sama, Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Mohammad Gandi Hiola mengatakan, kegiatan tersebut digelar karena antusias dari para siswa sendiri. Karenanya kegiatan ini pun dapat dilaksanakan dengan berkelanjutan.

“Sebelumnya kegiatan seperti ini telah beberapa kali dilakukan, baik di Yonif 713, Basarnas, dan beberapa tempat lainnya. Ini diikuti oleh 23 Sekola dari beberapa kabupaten di Provinsi Gorontalo guna memberitahukan kepada siswa yang ingin masuk TNI AL,” tutur Gandi.

11222-tnial
Pengenalan seragam dan beberapa peralatan TNI AL di program literasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo.

Lanjut Gandi, kegiatan literasi seperti ini di kemudian hari akan terus dilakukan, sebagai sarana belajar siswa dan pengenalan lebih lanjut bagi siswa yang jika lulus nanti dapat memilih apa yang mereka minati.

“Jadi kedepan kita akan buat lagi literasi dirgantara TNI AU, nanti akan diberikan studi kepada siswa terkait keunggulan masing masing angkatan, baik Darat, Laut, dan Udara,” tutup Gandi.

Selain mendapatkan materi bela negara dari pihak angkatan laut, siswa pun mendapatkan pembelajaran mengenai proses menjadi seorang TNI AL.

Kemudian, dikenalkan dan diajak melihat langsung salah satu armada TNI AL yaitu kapal penjaga teritorial laut Gorontalo KAL LIMBOTO I833. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved