Pertalite Makin Boros? Begini Penjelasan Pertamina

Baru-baru ini, puluhan driver Ojek Online (Ojol) mengadu ke DPRD Provinsi Gorontalo terkait BBM Pertalite diduga makin boros.

Penulis: redaksi | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com/TommyPramono
Ilustrasi Antrean Pertalite di Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Baru-baru ini, puluhan driver Ojek Online (Ojol) mengadu ke DPRD Provinsi Gorontalo terkait BBM Pertalite diduga makin boros.

Pasalnya, bukan hanya masyarakat Gorontalo menyampaikan keluhan ini, namun seluruh daerah bahkan sempat viral di media sosial melancarkan protes ke pihak Pertamina bahwa Pertalite tak lagi sama semenjak kenaikan harga.

"Saya sebelum kenaikan BBM itu isi satu liter Pertalite bisa pulang balik Kota Limboto, sekarang baru sampai di kota sudah isi lagi," ujar Zian, warga Limboto kepada TribunGorontalo.com, Kamis (29/9/2022).

Driver Ojol menuntut lima hal ke DPRD Provinsi Gorontalo, Kamis (29/9/2022)
Driver Ojol menuntut lima hal ke DPRD Provinsi Gorontalo, Kamis (29/9/2022) (TribunGorontalo.com)

Menurutnya, BBM terasa makin boros, sejak harganya resmi dinaikkan.

Atas alasan ini, pihak Asosiasi Driver Online (ADO) Gorontalo menemui DPRD Provinsi Gorontalo.

Tanggapan Pertamina

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjamin seluruh produk BBM disalurkan melalui lembaga penyalur resmi seperti SPBU dan Pertashop sesuai spesifikasi.

Melansir dari Kompas.com, Pertamina telah menyatakan melalui laman resmi bahwa kualitas BBM jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah.

Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

PT. Pertamina (Persero) TBBM Gorontalo.
PT. Pertamina (Persero) TBBM Gorontalo. (TribunGorontalo.com/free)

Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar, di antaranya parameter Reid Vapour Pressure (RVP).

Pertamina juga menjamin seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi seperti SPBU dan Pertashop telah melalui pengawasan kualitas yang ketat.

Sedangkan produk BBM tidak sesuai dengan spesifikasi ditetapkan tidak akan disalurkan ke masyarakat.

Pertamina mengimbau agar konsumen melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop, agar produk BBM yang didapatkan terjamin kualitas dan keamanannya.

Baca juga: Jadwal Kapal Ferry Besok, Jumat (30/9/2022)

Berikut daftar harga BBM subsidi naik yang diumumkan pemerintah:

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved