UT Gorontalo

OSMB UT Gorontalo Dibuka Resmi Wali Kota Marten Taha

OSMB digelar secara hybrid. Sebagian mahasiswa mengikuti langsung di Aula UT Gorontalo, sementara lainnya mengikuti dari tempat masing-masing melalui

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Marten Taha dalam kesempatan itu menjelaskan, Universitas Terbuka satu-satunya perguruan tinggi yang telah menerapkan pembelajaran secara digital. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) tahap 3 Universitas Terbuka (UT) Gorontalo resmi dibuka Wali Kota Marten Taha, Kamis (22/9/2022). 

OSMB digelar secara hybrid. Sebagian mahasiswa mengikuti langsung di Aula UT Gorontalo, sementara lainnya mengikuti dari tempat masing-masing melalui virtual.

Marten Taha dalam kesempatan itu menjelaskan, Universitas Terbuka satu-satunya perguruan tinggi yang telah menerapkan pembelajaran secara digital.

Tidak cuma sejak pandemi, namun sejak UT berdiri pada 1984. Tentunya ini yang patut diapresiasi kata Marten.

“Inilah keunggulan UT, yang lain belum buat UT sudah lebih dahulu artinya apa yang dibuat oleh orang lain baru sekarang sementara UT sudah jauh sebelum covid melanda,” ucap Marten, singkat. 

Direktur UT Gorontalo, Andi Suci Anita mengatakan, OSMB yang digelar oleh pihaknya berbeda konsep dengan ospek konvensional. 

OSMB kata dia membekali mahasiswa terkait sistem akademik di UT Gorontalo. Selain itu, mengedukasi mahasiswa soal teknis kuliah jarak jauh.  

OSMB tahap tiga ini kata Andi, diikuti oleh 80 siswa saja. Sebelumnya OSMB tahap pertama digelar di Kantor Bupati Bolaang Mongondow dan diikuti 100 mahasiswa baru. Lalu OSMB kedua di Mess Haji Gorontalo diikuti 400 mahasiswa baru. 

“Peserta yang ikut dalam orientasi studi ini termasuk mahasiswa yang berkedudukan di Tojo Una-una Sulawesi Tengah, Makassar serta dari pulau Jawa,” tuturnya.

Andi Suci juga menambahkan target dari kegiatan ini adalah keberhasilan studi mahasiswa UT Gorontalo. Sebab konsepnya bukan konvensional melainkan belajar jarak jauh, tentunya belajar harus dengan inisiatif 

“Jika tidak berangkat dari inisiatif, mereka tentunya akan tersendat di perjalanan sementara kita ingin mereka sukses belajar di Universitas Terbuka.” tegas Andi. 

OSMB kata Andi memberi pengetahuan kepada mahasiswa untuk merencanakan studi ke depan. 

Misalnya berapa mata kuliah yang akan diambil, jadwal. Jika sudah ambil mata kuliah, maka harus komitmen menyelesaikannya. 

“Sampai segitu detailnya kita memberikan layanan ke mahasiswa baru, jangan sampai mereka gagal dalam studinya,” jelas Direktur UT itu.

Ia berpesan agar mahasiswa baru dapat  menyimak dengan betul apa yang disampaikan dalam OSMB.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved