PEMPROV GORONTALO

Pj Gubernur Hamka Pimpin Apel Besar Gerakan Pramuka

Apel besar ini sekaligus menerima kembali peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022 Kontingen Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo.

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Apel besar ini sekaligus menerima kembali peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022 Kontingen Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer pimpin Apel Besar Gerakan Pramuka dalam rangka Hari Pramuka ke-61 Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Gorontalo bertempat di halaman Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Kota Gorontalo, Minggu (18/9/2022). 

Apel besar ini sekaligus menerima kembali peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022 Kontingen Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo.

Turut hadir Ketua Kwarda Gerakan Pramuka  Gorontalo Idah Syahidah, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Syukri J. Botutihe, Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Gamaria Purnamawati Monoarfa dan pimpinan OPD Provinsi Gorontalo selaku anggota Mabida dan unsur mabisaka gerakan pramuka. 

Sementara peserta upacara terdiri dari adik – adik Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega se Provinsi Gorontalo.

Apel diawali dengan Penghormatan kepada pembina apel dipimpin oleh pemimpin apel. Selanjutnya laporan pemimpin apel kepada pembina apel  dilanjutkan dengan pengucapan naskah Pancasila, teks pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia (RI) tahun 1945 dan Dasa Darma Pramuka.

Rangkaian apel dilanjutkan dengan penganugrahan tanda kehormatan gerakan pramuka berupa Lencana Melati dan Lencana Pancawarsa serta hadiah lomba kreatifitas dalam rangka hari pramuka ke-61. 

Ada juga penyerahan piagam penghargaan Kwartir Daerah yang diserahkan oleh Penjagub Hamka kepada Ketua Kwarda Idah Syahidah.

Dalam sambutannya Hamka mengungkapkan gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak – anak dalam keluarga, dan pendidikan formal di sekolah. 

Hal ini mengingat pendidikan formal saja tidak cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter.

“Peran keluarga sebagai pelaku pendidik informal dalam membentuk karakter anak sangatlah penting. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved