Satu Orang Terduga Hacker Bjorka Ditangkap di Madiun, Mabes Polri: Sedang Didalami Timsus

Menyusul terbentuknya timsus, 2 orang di Cirebon dan Madiun diduga adalah Hacker Bjorka namun timsus baru mendalami kasus yang ada di Jawa Timur.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Capture YouTube tvOneNews
Hacker Bjorka. Akun media sosial Bjorka, peretas yang bocorkan sejumlah data negara di instansi pemerintahan hingga para menteri bahkan dokumen Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kabarnya timsus telah membekuk satu orang di Madiun, Jawa Timur yang diduga adalah hacker Bjorka. Polisi mengatakan bahwa kini timsus tengah mendalami seorang terduga hacker Bjorka itu. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Terduga peretas atau hacker Bjorka ditangkap di Madiun, Jawa Timur.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo telah membenarkan penangkapan seseorang yang diduga terlibat kasus peretasan hacker Bjorka di Madiun tersebut.

Irjen Pol Dedi mengatakan bahwa kini terduga hacker Bjorka itu tengah didalami oleh tim khusus yang Menkopolhukam Mahfud MD untuk mengusut bocornya data akibat aksi Bjorka.

Adapun timsus yang dibentuk untuk menyelidiki hacker Bjorka itu terdiri dari BIN, Polri, Menkopolhukam, Kominfo, hingga BSSN.

Baca juga: Sebut Bjorka Bak Robin Hood, Rocky Gerung: Pembuka Jalan ke Arah Kemerdekaan Kembali Indonesia

"Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim masih bekerja," ujar Irjen Pol Dedi, Kamis (15/9/2022) seperti dilansir TribunGorontalo.com dari kanal YouTube KOMPASTV.

Irjen Pol Dedi menjelaskan bahwa pihaknya belum dapat mengambil kesimpulan bahwa seorang yang ditangkap tersebut adalah hacker Bjorka karena masih didalami oleh timsus.

"Kita belum mengambil suatu ranah kesimpulan karena tim masih bekerja," kata Irjen Pol Dedi.

Irjen Pol Dedi mengaku bahwa pihaknya baru mendapatkan informasi bahwa timsus tengah mendalami satu orang di Madiun yang ditangkap diduga terkait kasus hacker Bjorka.

Baca juga: Imbas Hacker Bjorka Bocorkan Data Negara, Presiden Jokowi Gelar Rapat hingga Panggil Kepala BSSN

Sedangkan, untuk seorang pemuda di Cirebon, Jawa Barat yang diduga hacker Bjorka, Irjen Pol Dedi menyatakan belum ada informasi detailnya.

"Yang saya baru dapat informasi kan yang ada di Jawa Timur yang masih didalami, satu orang saja yang didalami oleh timsus," ungkap Irjen Pol Dedi.

"Yang di Cirebon belum, tidak ada informasi terkait menyangkut masalah yang di Cirebon." lanjutnya.

Sebelumnya, Mahfud MD mengaku telah mengantongi identitas dibalik sosok hacker Bjorka yang meresahkan masyarakat Indonesia belakangan ini karena membocorkan sejumlah data.

Baca juga: Aksi Hacker Bjorka Ditertawakan Mahfud MD: Datanya Bisa Diambil di Mana-mana, Bukan Rahasia Negara

"Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri tetapi belum bisa diumumkan," terang Mahfud MD dalam konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (14/9/2022) seperti dilansir TribunGorontalo.com dari kanal YouTube KOMPASTV.

"Gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," imbuhnya.

(TribunGorontalo.com/Nina Yuniar)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved