Breaking News:

Wisata Gorontalo

Melihat Produk Olahan Makanan dan Souvenir Desa Lonuo-Bone Bolango

Olahan makanan dan souvenir Desa Lonuo sepenuhnya memang dibuat di desa itu. Masyarakat setempat telah memiliki keahlian sendiri membuat souvenir. 

Melihat Produk Olahan Makanan dan Souvenir Desa Lonuo-Bone Bolango
TribunGOrontalo.com/AgungPanto
Suovenir di Desa Lonuo, Bone Bolango, Gorontalo. Souvenir ini dibuat oleh masyarakat setempat.

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Sebagai satu dari 50 desa penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Desa Lonuo, Bone Bolango, Gorontalo, ternyata punya produk olahan makanan dan souvenir. 

Olahan makanan dan souvenir Desa Lonuo sepenuhnya memang dibuat di desa itu. Masyarakat setempat telah memiliki keahlian sendiri membuat souvenir. 

Adapun sejumlah souvenir di Desa Lonuo di antaranya cincin dan gelas dari batok kelapa. Lalu ada alat musik polopalo, serta anyaman tikar tradisional. 

Sementara khusus produk kuliner, warga Desa Lonuo sudah mengolah ubi menjadi keripik, serta air nira menjadi gula merah atau gula aren. 

Kepala Desa Lonuo, Sahrun Yasin mengatakan, bahwa memang semua produk souvenir maupun olahan makanan atau kuliner, diproduksi di desa itu. 

“Rumah produksinya ada di desa,” kata dia. 

Saat ini, Sahrun bahkan tengah mempersiapkan strategi untuk menggenjot kunjungan wisatawan. Ia berencana membuat paket wisata. 

Sebelumnya diketahui, pada Rabu 13 Juli 2022 lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Lonuo

Sebagai desa di Gorontalo yang masuk nominasi ADWI, Sandiaga ingin melihat langsung desa ini. 

Nyatanya, pria berdarah Gorontalo itu pun mengaku terpukau. Terutama oleh destinasi wisata Bukit Arang  yang ada di puncak desa Lonuo.  (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved