Program RHL Jadi Harapan untuk Selamatkan Puluhan Ribu Lahan Kritis di Pohuwato

Asisten Pemkesra, Arman Mohamad menjelaskan, puluhan ribu lahan kritis di Pohuwato ini memang menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaikan.

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Landscape Pohuwato pakai Google Earth. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) menjadi harapan Pemerintah Pohuwato dalam menyelamatkan puluhan ribu lahan kritis di Pohuwato. 

Asisten Pemkesra, Arman Mohamad menjelaskan, puluhan ribu lahan kritis di Pohuwato ini memang menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaikan.

Karena itu, sudah tepat ketika program RHL dilakukan di Pohuwato. Sebab, RHL dapat memulihkan puluhan ribu lahan kritis di Pohuwato tersebut. 

Menurut Arman, RHL juga nantinya akan meningkatkan fungsi hutan dan lahan, sehingga daya dukung, produktivitas, dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan, tetap terjaga.

Secara akumulasi, ada setidaknya  217.178 Ha lahan kritis di Provinsi Gorontalo. Jumlah itu mencakup sekitar 19,29 persen dari luasan lahan di Provinsi Gorontalo. 

Sedangkan di Pohuwato kata Arman, memiliki 22.922 Ha atau lebih kurang 5,40 persen dari luas wilayah. 

Upaya penanggulangan lahan kritis terus dilaksanakan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 

“Pemerintah Kabupaten Pohuwato juga selalu mengalokasikan anggaran melalui APBD untuk kegiatan rehabilitasi pada lahan-lahan masyarakat,” ungkap Arman. 

Sebelumnya diketahui, Pemerintah Kabupaten Pohuwato melakukan sosialisasi program RHL tahun 2022 di ruang pola kantor bupati, Rabu, (27/07/2022).

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga tampak membuka langsung kegiatan itu. Dalam kesempatnnya, ia menyampaikan, bentuk kegiatan RHL adalah reboisasi yaitu upaya penanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong, alang-alang atau semak belukar untuk mengembalikan fungsi hutan. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved