Pohon Tumbang Gorontalo

BMKG Gorontalo Ingatkan Potensi Hujan Lebat, Warga Mesti Ekstra Waspada Pohon Tumbang

Hujan lebat yang berlangsung cukup lama di wilayah Gorontalo, Minggu (17/7/2022) berpotensi menimbulkan banjir, dan tanah longsor.

Penulis: redaksi | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com
Warga evakuasi korban tertimpa pohon (kiri), dan pohon tumbang di Jalan Ahmad A Wahab, Desa Timuato, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Minggu (17/7/2022) malam. (TribunGorontalo.com/Tommy Pramono). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Hujan lebat yang berlangsung cukup lama di wilayah Gorontalo, Minggu (17/7/2022) berpotensi menimbulkan banjir, dan tanah longsor.

Tak hanya itu, hujan lebat juga mengakibatkan pohon tumbang, sebab air hujan bisa menyebabkan kepadatan tanah berkurang, membuat akar pohon tak lagi memiliki kekuatan lebih untuk menahan bobot pohon tersebut.

Atas hal tersebut warga patut waspada bepergian di tengah hujan deras. Terutama melintasi jalan yang dipenuhi pepohonan.

Baru-baru ini, tiga warga Gorontalo tertimpa pohon di Jalan Ahmad A Wahab, Desa Timuato, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Minggu (17/7/2022) malam.

Usai berhasil dievakuasi, ketiga korban segera dilarikan ke Rumah Sakit terdekat oleh petugas Satlantas yang kebetulan melintas.

Selang dua jam kemudian, tim Polda Gorontalo datang ke lokasi. Berbekal peralatan berupa gergaji mesin, pohon yang tumbang itu mulai dibersihkan dari jalanan.

Diketahui, hampir seluruh wilayah Provinsi Gorontalo diguyur hujan lebat dengan intesitas tinggi.

Sejatinya, dalam beberapa bulan terakhir, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo beulang kali mengingatkan Masyarakat di wilayah Provinsi Gorontalo mewaspadai banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Sebagai informasi, beberapa daerah di Gorontalo berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, Senin (18/7/2022) besok.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Sumalata, Popayato dan sekitar.

Berikut prakiraan cuaca, Senin (18/7/2022):

PAGI HARI :

Kondisi cuaca umumnya berawan hingga hujan.

Potensi hujan ringan hampir di seluruh wilayah Gorontalo.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved