Breaking News:

Forkopimda Gorontalo Bahas Pemilu 2024 dengan KPU RI

Rapat tersebut membahas hal hal teknis terkait tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Ketua KPU RI Hasyim Asya’ri, Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer dan jajaran Forkopimda Provinsi Gorontalo saat menyanyikan Indonesia Raya sebelum memulai rapat koordinasi bersama terkait penyelenggaraan Pemilu 2024 di Aula Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Jumat (15/7/2022) 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo -- Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi dengan KPU RI bertempat di Aula Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (15/7/2022).

Rapat tersebut membahas hal hal teknis terkait tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengungkapkan komitmennya untuk mensukseskan Pemilu 2024.

Hal itu sejalan dengan amanah Presiden Joko Widodo melalui Mendagri Tito Karnavian saat pelantikan dirinya bulan Mei lalu.

“Sejak kami di sini bulan Mei, alhamdulilah koordinasi dan kolaborasi kami dengan Forkopimda berjalan dengan baik. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden melalui Mendagri bahwa stabilitas politik itu perlu dijaga karena ini adalah tahun tahun politik hingga tahun 2024,” kata Hamka dalam sambutannya.

Beberapa hal yang sudah dilakukan oleh pemerintah yakni menjalin komunikasi dengan semua pemangku kepentingan.

Pimpinan partai politik, mahasiswa, media dan semua pihak diminta bahu membahu mensukseskan pemilu 2024.

Terkait dengan kebutuhan anggaran Pemilu 2024, Hamka menyebut penyelenggara pemilu provinsi sudah menyodorkan anggaran lebih kurang Rp200 miliar.

Anggaran tersebut diupayakan bisa dipenuhi selama dua tahun ke depan secara bertahap.

“Di tahun 2023 di APBD induk sebesar Rp100 miliar dan insya allah nanti di 2024 Rp100 miliar lagi. Itu di luar koordinasi dengan teman teman pemerintah kabupaten/kota,” bebernya.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan tentang tahapan pemilu 2024. Salah satunya tahapan pendaftaran partai politik yang akan dimulai 1 – 14 Agustus 2022.

Meski begitu, proses pengunggahan dokumen di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sudah berjalan.

“Kemudian pada bulan Oktober 2022 nanti akan ada pembentukan badan badan add ad hoc seperti PPK dan PPS di tingkat kecamatan dan desa.

Ada juga pemutakhiran pemilih melalui Pantarlih,’ jelas Hasyim.

Selain dihadiri oleh Penjagub Hamka dan jajarannya, Rakor Forkopimda Gorontalo bersama KPU RI dihadiri oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmi Santika, Danrem 133 Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, Kajati Gorontalo Haruna.

Hadir juga Kabinda Suryono serta Ketua Pengadilan Tinggi Nugroho Setiadji.

Dari Unsur KPU RI, hadir Ketua Hasyim Asy’ari, Anggota KPU RI Parsadaan Harahap, Betty Epsilon Idroos dan Yulianto Sudrajat. Hadir juga Sekjen KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno dan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Suryadi.

Rapat juga diikuti oleh unsur KPU provinsi dan kabupaten/kota. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved