Idul Adha Gorontalo

Breaking News: Marten Taha Pimpin Tradisi Tonggeyamo Gorontalo Jelang Idul Adha

Wali Kota Gorontalo Marten Taha dan jajaran mengikuti perayaan adat Tonggeyamo. Dia ajak jemaah ramaikan masjid saat Idul Adha (Iduladha).

Penulis: Apris Nawu | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Apris Nawu
Wali Kota Gorontalo Marten Taha dan jajaran mengikuti perayaan adat Tonggeyamo. Dia ajak jemaah ramaikan masjid saat Idul Adha (Iduladha). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Wali Kota Gorontalo Marten Taha dan jajaran mengikuti perayaan adat Tonggeyamo. Dia ajak jemaah ramaikan masjid saat Idul Adha (Iduladha).

Tradisi khas Gorontalo Tonggeyamo yang dipimpin Marten Taha digelar di Rumah Dinas Jabatan Wali Kota Gorontalo, Jumat (8/7/2022). Marten berpesan masyarakat meriahkan Idul Adha.

Selain Marten Taha dan jajarannya, Tonggeyamo jelang Iduladha juga diikuti pejabat dari Kementerian Agama RI Gorontalo, unsur TNI-Polri, serta tokoh adat dan agama.

Prosesi adat ini berlansgung dilangsung jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, jatuh pada hari Ahad 10 Juli 2022.

Wali Kota Gorontalo mengajak masyarakat memeriahkan Hari Raya Iduladha.

"Saya mengimbau seluruh masyarakat muslim di Kota Gorontalo untuk meramaikan masjid dimana saja, yang penting salat," ujarnya.

Dia juga mengatakan semua masyarakat sama- sama meramaikan menyambut Iduladha. "Mari kita penuhi masjid-masjid, lapangan-lapangan yang sudah ditetapkan untuk melaksanakan salat Iduladha 1443 H," kata Marten.

"Jadi salat Iduladha, tradisi potong hewan, kerbau, sapi dan domba pasti tersebar di semua masjid, dan banyak daging, ingin berkurban untuk yang mampu, sesuai perintah Agama Islam,” jelas Marten.

Marten Taha usai acara, menjelaskan lagi untuk masyarakat mendoakan para jama’ah haji Provinsi Gorontalo, khusunya Kota Gorontalo agar selalu dalam keadaan sehat walAfiat.

“Mari kita mendoakan untuk semua, jamaah haji 156 orang asal Kota Gorontalo yang saat ini berada di Padang Arafah dalam keadaan sehat walafiat,” ujarnya.

Marten Taha juga memberi imbauan agar seluruh masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan selama peringatan Iduladha tahun 2022 ini.  (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved