Paskibraka Kota Gorontalo Mulai Latihan Jelang HUT Indonesia Agustus Nanti

Pantauan TribunGorontalo.com Sabtu (25/6/2022), personel paskibraka latihan di kawasan Gelanggang olahraga (Gor) Nani Wartabone

Penulis: M Husnul Jawahir Puhi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Ist
Anggota Paskibra Kota sedang melakukan latihan PBB di Gor Nani Wartabone siang hari tadi. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Jelang HUT ke-77 Indonesia, pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) Kota Gorontalo mulai latihan intensif. 

Pantauan TribunGorontalo.com Sabtu (25/6/2022), personel paskibraka latihan di kawasan Gelanggang olahraga (Gor) Nani Wartabone di Jalan Drs Achmad Nadjamuddin. 

Tidak banyak, saat ini baru lima personel saja yang terlihat berlatih. Seorang anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Gorontalo, Abdul Hafid Pratama Ibrahim terlihat memimpin latihan itu. 

"Kami sudah mulai latihan pada awal bulan Juni lalu, namun saat ini personil dari pasukan Paskibra Kota belum sepenuhnya yang latihan," ungkap Hafid.

Informasinya, pasukan Paskibraka Kota Gorontalo diisi oleh siswa dari sejumlah SMA. 

"Kami ini sebenarnya ada sembilan orang yang telah lulus seleksi namun dikarenakan adanya agenda bersama keluarga, maka personil yang latihan hanya lima orang," ungkap Verensyah Duda (16) Siswi SMAN 3 Kota Gorontalo.

Menurut Verensyah, seleksi jadi petugas pengibar bendera pusaka itu memang terbilang sulit. 

Misalnya harus memiliki tinggi 165 cm untuk wanita, dan 170 cm untuk pria. 

Dari segi umur, yang akan diterima hanya siswa kelahiran 2006 ke atas. Artinya, rata-rata masih berusia 16 tahun atau kelas 1 SMA. 

Biasanya, Paskibraka terdiri tiga pasukan. Pasukan 45 dari TNI Polri, pasukan 17, dan pasukan 8 sebagai tim inti pengibar bendera.

"Kalau masih masa Pandemi, jumlah pasukan hanya terdiri dari dua pasukan, yakni hanya pasukan 8 dan pasukan 17," tegas Hafid kepada Tribun Gorontalo. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved