Enam Tuntutan Aksi Ratusan Mahasiswa di Bone Bolango Hari Ini

Ratusan mahasiswa dari paguyuban Persatuan aksi Pelajar Mahasiswa Indonesia Bone Bolango Gorontalo (Papmib-G).menggelar aksi damai di tiga titik

Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com
Ratusan mahasiswa menyampaikan enam tuntutan di Kantor Bupati Bone Bolango, Kantor Kejaksaan Bone Bolango, dan Kantor DPRD Bone Bolango, Selasa (21/6/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Suwawa - Ratusan mahasiswa dari paguyuban Persatuan aksi Pelajar Mahasiswa Indonesia Bone Bolango Gorontalo (Papmib-G).menggelar aksi damai di tiga titik, yakni Kantor Bupati Bone Bolango, Kantor Kejaksaan dan Kantor DPRD Bone Bolango, Selasa (21/06/2022).

Demo ratusan mahasiswa yang berlangsung sejak pukul 12:00 WITA ini, mengakibatkan kemacetan hampir seluruh ruas Jalan Bahrudin BJ Habibi Desa Ulanta, Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, tepat di depan Gerbang Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Pantauan TribunGorontalo.com, para ratusan mahasiswa pedemo mengunakan mobil dan motor, akses lalu lintas di sepanjang Jalan pun terhambat.

Koordintor Aksi (Korlap) Fajri Langene menyuarakan enam tuntutan, diantaranya:

Baca juga: Massa Papmib-G: Kami Tahu di Bone Bolango Banyak Masalah, Itulah Kenapa Kami Demo

1. Usut tuntas terkait masalah PDAM Perumda Tirta Bolango, yang diduga bermasalah dan merugikan keuangan negara hingga Milaran Rupiah.

Meminta kepada Kejaksaan Bone Bolango, untuk memeriksa Direktur PDAM Bonbol yang di duga bermasalah terkait anggran PDAM.

Meminta DPRD Bonbol utk memanggil direktur PDAM, untuk mempertanyakan dugaan kerugian negara yang melibatkan pihak direktur PDAM.

2. Usut tuntas terkait persoalan program Sistem Informasi desa (SID), yang diduga bermasalah dan melibatkan pihak bapeda Bone Bolango. Tahun anggaran 2020-2021.

3. Usut tuntas terkait persoalan pengadaan sapi tahun anggran 2017 hingga 2019 yang di duga bermasalah dan melibatkan pihak Dinas BPMDES.

Bahwa dalam pengadaan sapi yang telah di kucurkan ke desa desa itu tidak sesuai spesifikasi. Sehingga perlu dipertanggungjawabkan oleh pihak Dinas BPMDES, karena jika hal ini dibiarkan, maka potensi kerugian Negara. Dan meminta kejaksaan untuk menelusuri persoalan ini.

4. Usut tuntas terkait persoalan program pengadaan tenaga surya tahun 2017 hingga tahun 2020, yang diduga bermasalah tidak sesuai spesifikasi pengadaan.
Sehingga perlu ditelusuri oleh pihak Kejaksaan Negeri Bone Bolango.

5. Usut tuntas terkait pengelolaan retribusi di tempat Pendaratan Pelelangan Ikan (PPI) di Inengo Kecamatan Kabila Bone.

Diduga bermasalah dalam pengelolaannya, sehingga perlu ditelusuri oleh pihak kejaksaan Negeri Bone Bolango.

Kadis Perikanan dan Kelautan Bonbol harus bertanggung jawab persoalan pengelolaan retribusi yang menjadi sumber PAD dalam daerah yang terindikasi tdak ada kejelasan.

Meminta pihak kejaksaan mengaudit persoalan retribusi di tempat Pendaratan Pengkapan Ikan (PPI) di Kabila Bone, PPI Inengo, Desa Huangobotu.

6. Meminta Kejaksaan Bone Bolango, agar dapat menuntaskan kasus–kasus korupsi di Bone Bolango.
Yang salah satunya Pengelolaan dana bergulir kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPKP) dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Eks PNPM Mandiri di Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango Tahun Anggaran 2017 s/d 2020. (*)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved