Koalisi Semut Merah Gorontalo

Koalisi Semut Merah, Irwan Mamesah: PKS-PKB Gorontalo Perlu Tambah Kursi

'Koalisi Semut Merah' antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di pusat.

Penulis: redaksi | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/ronald rampi
Politisi PKS Gorontalo, Irwan Mamesah 

Laporan Ronald Rampi, wartawan TribunGorontalo.com dari Boalemo

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - 'Koalisi Semut Merah' antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di pusat dianggap sebagai langkah politik dalam persiapan menghadapi perhelatan Pilpres di tahun 2024.

Meski telah ada pertemuan di pusat, namun 'Koalisi Semut Merah' ini belum bergulir sampai ke daerah.

Seperti yang diungkapkan politisi PKS Provinsi Gorontalo Irwan Mamesah saat dihubungi TribunGorontalo.com pada Minggu (12/6/2022) siang.

Melalui sambungan telepon seluler, Irwan menyebut bahwa koalisi tersebut belum ada pengumuman resmi.

"Yah, kami melihat gong nasional untuk tahun politik sudah ditabuh. Pilpres tidak akan lama lagi. Jadi sah-sah saja kalau ada koalisi, seperti wacana PKS bersama PKB. Namun perlu kami sampaikan bahwa sejauh belum ada pengumuman secara resmi terkait koalisi tersebut," beber politisi dari daerah pemilihan Bone Bolango itu.

Diungkapkannya, menghadapi perhelatan politik nasional, wacana berkomunikasi untuk membentuk sebuah koalisi dalam menghadapi pilpres merupakan program politik yang perlu dan wajib untuk dilakukan.

"Menghadapi agenda nasional, apalagi tentang perhelatan politik maka sebagai ikhtiar semua partai berkomunikasi untuk membentuk koalisi dalam rangka Pilpres. Tapi sejauh ini, PKS belum menentukan sikap secara resmi akan bergabung di koalisi mana, dan dengan parpol siapa," ujarnya.

Akan tetapi dalam politik, Irwan menilai tidak ada yang mustahil jika terjadi koalisi PKS-PKB. Jika ditarik ke Gorontalo, koalisi PKS-PKB sudah pernah terjadi.

Olehnya, terkait dengan wacana koalisi yang dihembuskan oleh pengurus pusat, menurut Irwan adalah sesuatu yang perlu untuk ditindaklanjuti saat hal tersebut telah menjadi keputusan nasional.

Selanjutnya, jika 'Koalisi Semut Merah' benar-benar ditarik ke Gorontalo untuk persiapan pilpres ataupun pilgub, maka Irwan memastikan bahwa PKS-PKB perlu menambah jumlah kursi.

"Kalau mengacu ke Pileg 2019, PKS ada 4 kursi dan PKB 1 kursi di Deprov Gorontalo. Jadi sepertinya belum memungkinkan, harus mencari tambahan kursi. Namun perlu diketahui, politik itu dinamis. Ya semua bisa berubah sewaktu-waktu. Artinya semua berdasarkan situasional dan kondisional, tergantung kebijakan pengurus pusat dan berdasarkan kajian yang strategis," tutup politisi yang sudah empat periode menjabat sebagai legislator tersebut. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved