Banyak Peminat, Penjual Durian di Marisa Raup Untung Jutaan per Hari

Buah Durian adalah jenis buah-buahan yang banyak diminati masyarakat Indonesia, tak terkecuali masyarakat Gorontalo.

Penulis: redaksi | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com
Piter, penjual Durian di Simpang Empat Marisa, Kabupaten Pohuwato. (TribunGorontalo.com/Ronald Rampi) 

(Laporan Ronald Rampi, Wartawan TribunGorontalo.com dari Marisa, Kabupaten Pohuwato)

TRIBUNGORONTALO.COM, Marisa - Buah Durian adalah jenis buah-buahan yang banyak diminati masyarakat Indonesia, tak terkecuali masyarakat Gorontalo.

Buah ini diketahui merupakan tanaman buah tropis yang telah dikenal di wilayah Asia Tenggara sejak abad 7 M.

Dengan karakter kulit berduri dan dagingnya lembut manis serta beraroma, membuat buat durian sangat mudah dikenali dan diingat.

Karena banyak peminat, maka banyak pula penjual yang menjajakan di buah durian pinggir jalan. Termasuk di simpang empat Kota Marisa, Kabupaten Pohuwato.

Piter (55), warga Kota Gorontalo misalnya. Dia mengaku rela meninggalkan rumahnya untuk berjualan durian di Marisa. "Saya asli Kota Gorontalo. Tapi saya berjualan di Marisa, lumayan jauh dari rumah. Namanya mencari (berjualan), meski jauh tetap harus kita tuju," ungkapnya.

Dia menyebutkan, peminat buah durian di Marisa cukup banyak. Hal ini ditunjukkan dengan laris manisnya dagangan buah durian miliknya. "Alhamdulillah, jualan sejak pagi hingga habis sholat Isya ini. Saya sudah bisa mendapatkan Rp.4,8 juta," beber Piter.

Baginya, jumlah itu sangat fantastis, dan sudah berlangsung sejak awal ia berjualan di lokasi itu.

Piter yang didampingi istri dan anaknya itu mengungkapkan, buah durian yang dijualnya ini berasal dari Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di daerah Ongka.

Memang, buah durian dari wilayah Sulawesi Tengah menjadi salah satu durian ternama yang beredar di pasaran. Sebut saja durian Montong, durian Ongka dan beberapa jenis lainnya menjadi durian paling dicari oleh pecinta buah tersebut.

Piter pun merinci harga buah durian yang dia jual. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu per buah.  Ada juga yang harga paket, seperti Rp 100 ribu / 3 buah.

"Ada juga yang jenis Montong. Harganya Rp 45.000 / kg," ungkap Piter.

Berjualan durian adalah profesi yang digeluti oleh Piter selama ini. Dia telah berkeliling di beberapa tempat untuk berjualan durian. "Saya sudah keliling Gorontalo untuk berjualan durian. Berhubung durian ini dari arah Sulteng. Jadi, kami memilih Marisa sebagai tempat jualan saat ini. Dan hasilnya juga sangat banyak pembeli," kata Piter.

Ditambahkannya, hasil penjualan buah durian ini telah berhasil membangun peningkatan ekonomi keluarganya. Mulai menyekolahkan anak, memenuhi kebutuhan harian hingga membangun usaha bisnis buah. "Pokoknya saya bersyukur, Tuhan menciptakan buah durian yang banyak peminat seperti ini," tutup Piter. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved