Boalemo Ganti Bupati

Doakan Pj Bupati Boalemo, Ini Pesan Tokoh Adat Nizam Dai

Sebagai satu daerah yang menjunjung tinggi nilai adat di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Boalemo dikenal memiliki cukup banyak falsafah adat.

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Ronald Rampi
Tokoh adat Kabupaten Boalemo Nizam Dai bersama Istri.  

Laporan Ronald Rampi, wartawan TribunGorontalo.com dari Boalemo

TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta - Sebagai satu daerah yang menjunjung tinggi nilai adat di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Boalemo dikenal memiliki cukup banyak falsafah adat.

Hal ini cukup terasa hingga ke hampir seluruh aaspek kehidupan masyarakat. Dimana, nilai adat menjadi salah satu rambu dalam mengatur kehidupan di tengah masyarakat yang tinggal di bumi Boalemo Damai Bertabih.
 
Nizam Dai, seorang tokoh adat Kabupaten Boalemo menjelaskan, prosesi Moloopu yang diikuti oleh Penjabat Bupati Boalemo merupakan sebuah tradisi.

Siapa saja pemimpin yang terpilih ataupun ditempatkan di Boalemo, sebelum menjalankan tugas wajib untuk mengikuti setiap prosesi adat.

"Termasuk pak Penjabup. Meski hanya sementara beliau bertugas di Boalemo, namun karena beliau akan mengemban amanah sebagai khalifah jadi wajib untuk mengikuti prosesi pengukuhan secara adat," terang Nizam.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Boalemo itu pun memberikan pesan adat terhadap Pj Bupati Hendriwan.

Adalah Pale Bohu, sebuah pesan adat yang telah disampaikan oleh pemangku adat pada acara Moloopu kepada Pj Bupati Boalemo Hendriwan.

Nizam menerangkan, Pale Bohu memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu beras yang baru. 

Filosofi daripada beras baru itu sendiri, kata Nizam, tentunya enak untuk dikonsumsi atau dinikmati. Namun ada pesan yang lebih mendalam secara adat, yaitu perlu adanya sikap untuk bisa lebih berhati-hati. 

"Jadi pesan adat yang dimaksud pada Pale Bohu itu adalah, beliau harus berhati-hati. Jangan sampai bersikap agak keras, atau agak kasar. Istilahnya bisa jadi gampang patah, gampang tergelincir dan gampang hancur. Itulah inti dari nasihan adat," pesan Nizam.

Dia pun mendoakan agar Pj Bupati bisa melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab dengan baik dan lancar. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved