Pj Bupati Boalemo Hendriwan

Pemkab Boalemo Siapkan Upacara Moloopu Sambut Pj Bupati

Pemerintah Kabupaten Boalemo menyiapkan penyambutan Penjabat (Pj) Bupati Hendriwan di bumi Boalemo Damai Bertasbih.

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Ronald Rampi
Pengerjaan simbol adat di rumah dinas jabatan Bupati Boalemo oleh Pemkab dan pengurus Dewan Adat Boalemo, Sabtu (21/5/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta - Pemerintah Kabupaten Boalemo menyiapkan penyambutan Penjabat (Pj) Bupati Hendriwan di bumi Boalemo Damai Bertasbih (slogan Kabupaten Boalemo). Persiapan yang kini tengah dilakukan salah satunya adalah menyiapkan pelaksanaan prosesi adat Moloopu.

Moloopu ialah upacara penjemputan secara adat bagi seorang pemimpin daerah yang baru saja dilantik. Biasanya, prosesi ini dimulai dengan menjemput pejabat tersebut dari rumah kediaman pribadi menuju rumah dinas jabatan.

Selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, prosesi Moloopu juga disebut sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat dari negeri adat di daerah Gorontalo.

210522-Persiapan Boalemo
Surat keterangan persiapan upacara adat Moloopu pelepasan pejabat lama dan penyambutan pejabat baru Bupati Boalemo pada Senin (23/5/2022) sore.

Upacara adat Moloopu terhadap Pj Bupati Boalemo Hendriwan ini akan dilaksanakan pada Senin (23/5/2022) siang sekira pukul 14.30 Wita. Hal ini disampaikan Asisten Pemerintahan setda Boalemo Roswita Is Manto.

Mengingat rumah kediaman pribadi berada di Jakarta, maka rencananya Pj Bupati Boalemo Hendriwan akan dijemput dan diarak dari rumah dinas jabatan Wakil Bupati Boalemo menuju ke rumah jabatan Dinas Bupati.

Sebelum melaksanakan upacara adat Moloopu pada Senin sore, pagi harinya terlebih dahulu akan dilangsungkan upacara adat Mopotolungo terhadap Bupati Boalemo Anas Jusuf

Adat Mopotolungo merupakan prosesi mengantarkan pejabat yang telah berakhir masa tugasnya dari rumah jabatan ke kediaman pribadi.

Selain itu, upacara ini juga sebagai bentuk penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Boalemo atas pengabdian kepada pejabat negara yang sudah memimpin daerah ini.

Rencananya, Bupati Anas Jusuf akan diantar dari rumah dinas jabatan Bupati menuju rumah kediaman pribadi di Desa Tapadaa, Kecamatan Botumoito, Boalemo.

"Jadi pagi hari akan dilaksanakan Mopotolungo bagi bapak Bupati Anas. Sore harinya dilanjutkan dengan Moloopu bagi bapak Penjabat Bupati Boalemo Hendriwan," ungkap Roswita.  

Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Boalemo bersama Dewan Adat Kabupaten Boalemo tengah melakukan persiapan di rumah jabatan Bupati Boalemo dengan memasang berbagai peralatan dan simbol adat Gorontalo. (*)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved