PEMPROV GORONTALO

Sempat Tertunda, Pengerjaan Kanal Tanggidaa Kembali Diresmikan Penjagub Hamka

Kanal yang melewati tiga kelurahan itu diharapkan menjadi solusi banjir di lima titik di wilayah kota.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Pencanangan Kanal Tanggidaa oleh Penjagub Gorontalo, Rabu (18/5/2022). 

TRIBUNGORONTALO, Gorontalo – Hamka Hendra Noer Penjabat Gubernur Gorontalo resmikan pengerjaan kanal banjir Tanggidaa di Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, Rabu (18/5/2022). 

Kanal yang melewati tiga kelurahan itu diharapkan menjadi solusi banjir di lima titik di wilayah kota.

Peresmian itu menjadi kegiatan perdana penjagub Hamka usai serah terima jabatan sehari sebelumnya. Pada prosesi peresmian itu, penjagub memecahkan kendi di alat berat ekskavator. 

“Setelah kami diterima secara adat, kami melakukan rapat forkopimda setelah Sertijab kemarin. Saya menanyakan rencana apa yang belum. Salah satunya pekerjaan kanal ini. Terima kasih sudah dipercepat pencanangannya,” tutur Hamka.

Staf Ahli bidang Budaya Sportivitas itu menekankan pihak kontraktor memperhatikan dampak dari pekerjaan buat warga sekitar dan pengguna jalan. Hamka juga meminta warga untuk bersabar menunggu hingga pekerjaan kanal selesai.

“Beri waktu kontraktor bekerja, masyarakat sekitar tolong diterima dan dibantu supaya pekerjaan kanal ini berjalan dengan baik dan lancar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Handoyo Sugiharto menjelaskan, Kanal Banjir Tanggidaa memiliki panjang 1,7 KM. Kanal melintasi kelurahan Heledulaa Selatan, Heledulaa Utara dan Ipilo.

“Melalui dana PEN tahun 2022 ini pemprov mendapatkan anggaran Rp 33 miliar untuk pembangunan kanal. Ada juga Rp16 miliar untuk stasiun pompa,” kata Handoyo. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved