Lebaran Ketupat Gorontalo

Dua Menu yang Pasti Anda Temui pada Perayaan Lebaran Ketupat di Gorontalo

Lebaran ketupat adalah perayaan yang digelar satu minggu setelah lebaran Idul Fitri atau 8 syawal. Perayaan ini biasanya dilaksanakan

Penulis: Wawan Akuba | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Istimewa
Ilustrasi Ketupat. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Limboto – Tidak hanya di Pulau Jawa, masyarakat di Gorontalo juga rupanya ikut merayakan Lebaran Ketupat. Lebaran Ketupat dirayakan oleh suku Jawa di Kampung Jawa, Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. 

Adapun Desa Yosonegoro jadi desa yang paling ramai dikunjungi warga Gorontalo di hari Lebaran Ketupat, Senin 9 Mei 2022 nanti. 

Membicarakan Lebaran Ketupat, tentunya masyarakat Gorontalo tidak lagi asing dengan menu-menu yang biasanya hadir. Dua menu itu adalah:

1. Dodol
Penganan manis khas Indonesia, dodol, menjadi satu menu yang pasti ditemui pada perayaan ketupat di Gorontalo. Beberapa masyarakat di Desa Yosonegoro bahkan sudah mulai memasak dodol sejak H-3 Lebaran Ketupat. 

Pembuatan dodol bermutu tinggi memerlukan waktu yang lama dan membutuhkan keahlian khusus. Bahan utama membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Bahan tambahan pada dodol menentukan rasa.

Masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebut dodol dengan sebutan jenang. Jenang lebih lembek daripada dodol, lebih basah berminyak, dan umumnya dijual dalam bentuk lempengan atau plastikan.

Abdul Gafar Masulu (42) salah satu warga Yosonegoro yang ditemui TribunGorontalo.com mengungkapkan, dirinya sudah mulai memasak dodol sejak dua hari yang lalu. 

Ia membeberkan jika saat ini memasak sedikitnya 16 kilogram dodol. Belasan kilo itu nantinya jika dikemas dalam bungkusan kecil, akan mencapai 300 bungkus. 

Tidak mudah memasak dodol menurut Abdul. Sebab, butuh keahlian dan kesabaran serta ketekunan. Dodol yang berkualitas kata dia harus dimasak selama 8-9 jam. Menggunakan kuali besar, adonan dodol itu mesti diaduk setiap menit. 

"Memang ini sudah menjadi tradisi tahunan di sini memasak dodok. Dan untuk memasak dodol itu butuh waktu yang sangat lama, dan harus diaduk terus, kalau tak diaduk pasti dodolnya hangus," kata Abdul.

Belasan kilo dodol itu kata Abdul dimasak dalam dua tahap. Pertama ia memasak untuk 6 kg, lalu memasak 10 kg. 

2. Nasi Bulu
Menu yang juga akan Anda temui saat perayaan Lebaran Ketupat di Gorontalo adalah nasi bulu atau disebut juga nasi jaha. Ini sebuah hidangan berbahan dasar nasi yang merupakan bagian dari masakan Manado, Sulawesi Utara, provinsi tetangga Gorontalo.

Dalam menghidangkan, nasi jaha dipotong dengan ukuran 8 sampai 10 centimeter. Anda akan mudah melihat masyarakat yang pulang dari Desa Yosonegoro sambil membawa pulang nasi jaha. 

Lebaran ketupat adalah perayaan yang digelar satu minggu setelah lebaran Idul Fitri atau 8 syawal. Perayaan ini biasanya dilaksanakan setelah berpuasa selama 6 hari usai Idul Fitri.

Karena Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada 2 Mei 2022, maka perayaan ketupat jatuh pada tanggal 9 Mei atau satu minggu setelah lebaran Idul Fitri. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved