Espin Tulie Minta Pemerintah Lindungi Warga Gorontalo Banyak Tertipu Belanja Online

Iya pun menyebut tiga pilar perlindungan konsumen, yakni peningkatan peran pemerintah, peningkatan pemberdayaan konsumen, dan kepatuhan pelaku usaha. 

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/WawanAkuba
Ilustrasi konsumen yang sedang berbelanja di Karsa Utama Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Espin Tulie, Ketua Komisi ll  DPRD Provinsi Gorontalo meminta pemerintah segera bertindak melindungi konsumen, terlebih yang kini banyak tertipu berbelanja online. 

Iya pun menyebut tiga pilar perlindungan konsumen, yakni peningkatan peran pemerintah, peningkatan pemberdayaan konsumen, dan kepatuhan pelaku usaha. 

Pemerintah Gorontalo terutama kata dia harus berperan dalam mendorong pilar ini diterapkan. Sebab banyak konsumen kurang mendapatkan perlindungan yang baik. 

“Olehnya patut disuarakan perlindungan ini, sebab banyak hal yang merugikan konsumen, mulai dari kasus atas penjualan online, banyak terjadinya praktik penipuan serta pinjaman online yang banyak memperdaya dan menipu masyarakat dengan pinjaman yang menggiurkan,” tegas Espin. 

Pemerintah dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kata dia harus benar-benar bekerja untuk mengedukasi masyarakat, misalnya mempublikasi pinjaman online yang ilegal dan legal. 

"Dinas dan lembaga yang bersentuhan langsung dengan konsumen diharapkan juga dapat menindaklanjuti perannya untuk melindungi konsumen," jelas Ketua Komisi ll DPRD Provinsi Gorontalo kepada TribunGorontalo.com belum lama ini. 

Meski begitu kata dia, di tengah ekonomi digital seperti ini, tentunya konsumen harus memiliki kecerdasan intelektual dalam memilah dan memilih.

Sudah banyak transaksi online dan penjualan-penjualan online serta penjualan produk-produk yang baik dan adapun yang ternyata adalah penipuan.

“Pembeli adalah raja, perlu untuk melindungi mereka. Sehingganya bagi para pedagang maupun penjual perlu untuk memberikan pelayanan yang prima terhadap konsumen,” kata Espin. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved