Pemerintah Kota Gorontalo

Demi UMKM, Marten Taha Putuskan Buka Pasar Senggol Gorontalo

Menurut wali kota dua periode itu, Pasar Senggol yang digelar di setiap pertengahan ramadhan,  merupakan tempat untuk para UMKM meraup untung.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Istimewa
Marten Taha, Wali Kota Gorontalo bersama unsur Forkopimda meninjau lokasi Pasar Senggol, Senin (18/4/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo berkomitmen untuk kembali menggelar Pasar Senggol. Keputusan itu bahkan sudah disepakati oleh forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Kota Gorontalo pada rapat di Aula Kantor Walikota Gorontalo, Senin (18/4/22).

Kata Marten Taha, Wali Kota Gorontalo, pelaku Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM) menaruh harapan besar kepada pemerintah untuk kembali membuka pasar tahunan tersebut. 

Menurut wali kota dua periode itu, Pasar Senggol yang digelar di setiap pertengahan ramadhan,  merupakan tempat untuk para UMKM meraup untung.

Terlebih setelah dua tahun belakangan mereka terkena imbas Covid-19. 

"Alasan mendasar dilaksanakannya pasar senggol, yakni untuk pemulihan ekonomi masyarakat. terutama pelaku UMKM yang mendesak pasar senggol ini dilaksanakan. Sebab menjadi momen bagi mereka untuk meningkatkan perekonomian mereka, dalam rangka menghadapi idul fitri," ujarnya. 

Meski begitu kata Marten, pihaknya tetap akan menerapkan aturan pembatasan untuk penjual maupun pembeli. Hal itu untuk memperhatikan protokol kesehatan (protkes). Apalagi kata dia, akan ada gerai vaksinasi yang dibuka di pasar tersebut. 

“Kami juga bersepakat akan membuka gerai pelaksanaan vaksinasi di pasar senggol. Misalnya kami temukan dua diantara tiga pengunjung belum vaksin, maka langsung diarahkan oleh petugas ke gerai vaksin" jelas Marten.

Nantinya fungsi gerai ini lanjut marten sekaligus menjadi posko keamanan dan ketertiban, selama pasar senggol berlangsung.

 "Pekan ini juga akan segera dibangun lapak-lapak pedagang. Kami berharap, pedagang dan masyarakat pengunjung agar bisa bekerjasama dengan petugas dalam menaati aturan yang sudah diterapkan," ujar Marten.

Dari informasi yang berhasil dikumpulkan TribunGorontalo.com, Pasar Senggol di Kota Gorotalo akan dibangun di kawasan pertokoan. Kawasan ini juga dulunya menjadi tempat pelaksanaan pasar tersebut. ADV (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved