Al Battani, Sosok Penemu Jumlah Hari dalam Setahun

Setahun adalah 365 hari. Ketetapan ini tak ujuk-ujuk jadi. Lalu siapa penemunya. Jawabannya adalah sosok bernama Al Battani.

Editor: lodie tombeg
Al Battani, Sosok Penemu Jumlah Hari dalam Setahun
kompas.com
Kalender tahun Masehi

TRIBUNGORONTALO.COM - Setahun adalah 365 hari. Ketetapan ini tak ujuk-ujuk jadi. Lalu siapa penemunya. Jawabannya adalah sosok bernama Al Battani, seorang ahli astronomi dan matematikawan muslim.

Pengaruhnya cukup signifikan, khususnya pada abad pertengahan. Ia memiliki karya yang sangat populer, yaitu Kitab al Jiz, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan dikutip banyak astronom, termasuk Copernicus.

Battani punya penemuan terbesar yang diakui kalangan ilmuwan Eropa dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

Dia menemukan bahwa dalam setahun ada 365,24 hari. Atas pencapaiannya itu, ia bahkan disebut-sebut sebagai astronom terbesar Islam pada abad pertengahan.

Al Battani lahir sekitar tahun 858 di Harran dekat Urfa, Turki, yakni wilayah Albategnius, dengan nama Abu Abdullah Muhammad bin Jabir bin Sainan al-Raqqi al-Harrani al-Sabi al-Battani.

Sejak kecil, Battani tertarik pada keilmuan yang digeluti ayahnya, yaitu ilmu pengetahuan mengenai benda-benda langit.

Ketertarikannya tersebut membuatnya bertekad mempelajari astronomi. Ketika usianya menginjak 20 tahun, keluarganya pindah ke Raqqah.

Di sana ia semakin giat belajar ilmu astronomi dan mulai melakukan penelitian. Di Raqqah, Battani mulai mempelajari naskah kuno karya Ptolomeus yang semakin membuatnya jatuh cinta pada astronomi.

Saat mempelajari ilmu astronomi, ia menemukan suatu penemuan besar, yaitu aphelium, titik terjauh bumi saat mengelilingi matahari tiap tahunnya.

Al Battani menemukan bahwa posisi diameter matahari berbeda dengan yang dijelaskan oleh Ptolomeus dalam karyanya. Temuannya itu juga berbeda dengan teori yang dikemukakan oleh ahli Yunani kuno sebelumnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved