Hindari Minum Kopi Saat Berbuka Puasa

Berpuasa seharian menyebabkan perut kosong dalam waktu yang cukup lama, sehingga saat waktu berbuka tiba, sebaiknya segera konsumsi makanan maupun min

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Wawan Akuba
Hindari Minum Kopi Saat Berbuka Puasa
TribunGorontalo.com/Risman
Secangkir kopi yang diseduh menggunakan alat Vietnam Drip.

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo -- Saat menjalankan ibadah puasa tentu banyak perubahan yang akan kita alami, salah satunya perubahan pola makan.

Berpuasa seharian menyebabkan perut kosong dalam waktu yang cukup lama, sehingga saat waktu berbuka tiba, sebaiknya segera konsumsi makanan maupun minuman. Disarankan makan makanan manis. 

Namun, bagi para pecinta kopi, sebaiknya urungkan niat untuk membatalkan puasa dengan mengonsumsi minuman kopi, apalagi jika memiliki masalah pencernaan. Sebab kopi mengandung kafein.

Kopi sangat tidak dianjurkan untuk kalian yang telah berpuasa seharian. Zat kafein dalam kopi akan menyebabkan pelepasan asam lambung yang tentunya akan melukai mukosa lambung.

Walaupun pada dasarnya, kopi menjadi salah satu minuman yang sangat diminati berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga lansia. Akan tetapi berbuka puasa dengan segelas kopi perlu dipikirkan kembali. 

Menikmati kopi di bulan puasa memang tidak ada larangan sebagai pelengkap takjil, namun menyeruput kopi saat buka puasa tentu akan berakibat fatal. 

Menyeruput kopi sendiri sebetulnya juga menjadi alternatif untuk menghindari rasa kantuk setelah berbuka puasa. Namun, konsumsilah setelah dua jam usai berbuka. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved