Kenaikan Harga BBM

Breaking News: Jelang Ramadhan, Harga Pertamax Naik Jadi Rp 12.750 di Gorontalo

Pantauan TribunGorontalo.com pada Jumat (1/4/2022), stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Sudirman,

Penulis: M Husnul Jawahir Puhi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Risman
(Ilustrasi) Kendaraan antre solar di SPBU Gorontalo, Selasa (29/3/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Satu hari menjelang Ramadhan 2022, harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax naik harga

Pantauan TribunGorontalo.com pada Jumat (1/4/2022), stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Wumialo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo telah menyesuaikan kenaikan harga di Rp 12.750 per liter.

“(Harga) Pertamax ada nae (naik) Rp 12.750, sekarang,” ungkap Enda kepada TribunGorontalo.com.

Sebelumnya Pertamax di Gorontalo dipatok di harga Rp 9.200. Artinya terjadi kenaikan Rp 3.550 per liter. 

“Kan, saya sudah bilang yang mau isi Pertamax segera saja sebelum April, karena ada kenaikan kan,” ungkap Namsir, pria yang tengah mengantre di SPBU Sudirman, pagi tadi.

Seorang petugas SPBU yang tidak mau menyebutkan namanya mengungkapkan, bahwa kenaikan pertamax kemungkinan tidak akan terlalu berpengaruh. Sebab, sejauh ini antrean panjang di SPBU itu biasanya hanya untuk premium maupun pertalite. 

“Kalo saya sih, kayaknya tidak pengaruh ini, Pak. Karena yang jaga ba isi (yang sering mengisi) Pertamax ini tidak terlalu banyak,” ungkap di sela kesibukannya melayani pelanggan.

Adapun kenaikan Pertamax dan pemangkasan harga Pertalite sebetulnya diatur dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Kenaikan harga Pertamax resmi dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) per 1 April 2022 pukul 00.00 waktu setempat. 

Sebelumnya, Pertamina mengumumkan kenaikan harga Pertamax di 16 provinsi. Namun, tidak berselang lama, Pertamina merilis kenaikan harga Pertamax di 34 provinsi. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved