Mumpun Masih Gratis, Gorontalo-Bitung Boleh Lewat Ruas Tol

Mumpun masih gratis, masyarakat Provinsi Gorontalo dan sekitar yang akan ke Kota Bitung via jalur darat dapat melewati Tol.

Editor: lodie tombeg
PT Jasamarga Manado Bitung/kompas.com
Jalan Tol Manado-Bitung 

TRIBUNGORONTALO.COM, Manado - Mumpun masih gratis, masyarakat Provinsi Gorontalo dan sekitar yang akan ke Kota Bitung via jalur darat dapat melewati Tol Manado-Bitung.

Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung akan dioperasikan tanpa tarif mulai Sabtu (26/2/2022) pukul 14.00 Wita setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat kemarin.

PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) selaku pengelola Jalan Tol Manado-Bitung menyampaikan, dengan dioperasikannya seksi terakhir jalan tol ini, maka terdapat penambahan satu gerbang tol yang akan dioperasikan, yakni Gerbang Tol (GT) Bitung.

Baca juga: Demi Penumpang, Bangku Bus Sekarang Makin Lebar Pengopeasian ruas tol tanpa tarif dimaksudkan sebagai salah satu langkah sosilisai kepada masyarakat. Kebijakan tanpa tarif akan diterapkan sampai ditetapkannya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai besaran tarif tol ruas Danowudu-Bitung.

Direktur Utama PT JMB Charles Lendra mengimbau pengguna jalan untuk tetap membawa uang elektronik dengan saldo yang cukup sebelum memasuki gerbang tol.

Pintu Tol Manado-Bitung
Pintu Tol Manado-Bitung (kompas.com)

Akan tetapi, jika pengguna jalan melakukan perjalanan menerus dari GT Bitung menuju GT Manado, maka akan tetap dikenakan tarif senilai besaran tarif Ruas Danowudu-Manado yang telah beroperasi lebih dulu pada September 2020.

“Sebagai simulasi, pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 yang masuk di GT Bitung menuju Manado akan membayar tarif senilai Rp 29.500 di exit GT Manado. Mekanisme ini juga berlaku untuk arah sebaliknya,” jelas Charles, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (26/2/2022).

JMB berharap dengan keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung yang telah beroperasi penuh ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Provinsi Sulawesi Utara dengan tetap mematuhi peraturan lalu berkendara.

“Kami berharap keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung yang telah beroperasi secara penuh ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Provinsi Sulawesi Utara, khususnya yang berdomisili di Kota Manado, Kota Bitung dan sekitarnya, dengan tetap mematuhi peraturan dan rambu-rambu yang berlaku,” pungkas Charles. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai Hari Ini Ruas Tol Danowudu-Bitung Beroperasi Gratis"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved