Suka Ilmu Eksakta, Begini Peluang Kerja Prodi Biometri

Anda ingin kuliah, tentukan pilihan sesuai dengan bakat dan kemampuan. Bagi mereka yang suka ilmu eksakta dapat mempertimbangkan prodi Biometri.

Editor: lodie tombeg
kompas.com
Ilustrasi mempelajari biometri 

TRIBUNGORONTALO.COM - Anda ingin kuliah, tentukan pilihan sesuai dengan bakat dan kemampuan. Bagi mereka yang suka ilmu eksakta dapat mempertimbangkan program studi Biometrik. Saat ini, salah satu program studi (prodi) yang makin diminati adalah Biomedik.

Peminat prodi Biomedik ini semakin tinggi juga karena inovasi pelayanan kesehatan untuk peningkatan taraf hidup manusia yang meningkat.

Khususnya pada sistem, perangkat, bahan, maupun kondisi infrastruktur kesehatan juga semakin dibutuhkan. Hal ini juga menjadi latar belakang berdirinya program studi Teknik Biomedik di Institut Teknlogi Sumatera (Itera) Lampung.

Satu-satunya prodi Teknik Biomedik di Sumatera Menurut dosen Teknik Biomedik Itera, Rudi Setiawan, prodi Teknik Biomedik memiliki dua fokus utama keilmuan yaitu instrumentasi dan pencitraan biomedis, biometarial.

Selain tergolong program studi teknik baru, Teknik Biomedik di Itera saat ini prodi pertama dan satu-satunya di Sumatera. "Prodi Teknik Biomedik mempelajari keilmuan multidisiplin dari berbagai ilmu keteknikan dan Sains seperti Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika.

Serta ilmu kedokteran untuk diterapkan dalam teknologi biomedik," jelas Rudi seperti dikutip dari laman Itera, Selasa (22/2/2022). Secara terperinci di prodi ini mahasiswa juga akan mempelajari mengenai anotami tubuh manusia, biokimia, sel dan jaringan.

Biomedik pelajari multidisiplin Rudi menyampaikan, seiring berkembangnya zaman dan pola kehidupan manusia, perubahan dalam mekanisme kehidupan dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang kompleks.

Baca juga: Ini Lima Syarat Utama Kampus Terapkan Kuliah Tatap Muka di Kelas

Dalam hal ini Teknik Biomedik berperan dalam mengupayakan peningkatan pelayanan di dunia kesehatan. Contohnya dalam hal deteksi dini, diagnosa, terapi, rehabilitasi dan penyembuhan berbagai penyakit.

Seperti pemasangan chip ring pada penyakit jantung, hingga PCR dan Genose untuk mendeteksi Covid-19. Rudi menegaskan, Teknik Biomedik sangat berbeda dengan ilmu kedokteran, meskipun menyematkan nama biomedis di dalamnya.

Terkait prospek kerja lulusan, Rudi mengatakan bahwa lulusan teknik biomedis dapat memiliki jaringan karier yang luas. Prospek kerja lulusan Teknik Biomedik mulai dari mendirikan industri pelayanan kesehatan,biologi, hingga farmasi.

Mahasiswa berprestasi Teknik Biomedik Itera, M Aliffheo Ramadhan menambahkan, lulusan Teknik biomedik juga berpeluang bekerja pada bidang start up yang tidak hanya berfokus pada engineering-nya saja. Hal tersebut menjadi daya jual atau daya tarik tersendiri bagi program studi ini.

"Saya tertarik memilih Prodi Teknik Biomedik karena merasa tertarik dan menyukai berbagai macam ilmu terutama di bidang kesehatan dan teknik," beber Aliffheo.

Selain itu, saat mendalami prodi Teknik Biomedik mahasiswa juga diberikan ruang untuk terus berkembang di berbagai bidang. Seperti di bidang 3D painting, design, hingga melakukan penelitian sesuai bidang keilmuan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Referensi SNMPTN 2022, Kenali Prodi Teknik Biomedik dan Prospek Kerjanya"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved