Langkah Mudah Mengembalikan File yang Terhapus di Macbook

Pengguna laptop sering buru waktu kerja. Tak sadar beberapa file penting ikut terhapus. Nah, ada cara mengembalikan file.

Editor: lodie tombeg
kompas.com
MacBook produk dari Apple 

TRIBUNGORONTALO.COM - Pengguna laptop sering buru waktu kerja. Tak sadar beberapa file penting ikut terhapus. Nah, ada cara mengembalikan file di dekstop Apple Mac bisa dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Sebagian pengguna Mac, kadang bisa saja tidak sengaja menghapus file atau dokumen penting dari Hard Drive atau penyimpanan perangkatnya.

Ketidaksengajaan itu bisa disebakan karena pengguna mungkin tidak awas dalam memilah dan memilih file untuk dihapus. Akibatnya mungkin pengguna bakal kebingungan saat hendak mencari file yang terhapus itu.

File yang terhapus di Mac pada dasarnya tidak langsung hilang begitu saja dari perangkat. Setelah menghapus file di Mac, pengguna masih bisa mengembalikan atau memulihkannya.

Selengkapnya, simak cara mengembalikan file yang terhapus di Mac, sebagai berikut: Memulihkan file yang terhapus lewat folder Trash 

Saat Anda menghapus file dari penyimpanan Mac, file tersebut sebenarnya tidak hilang begitu saja dari perangkat, melainkan bakal berpindah dulu ke folder Trash atau sampah.

Anda masih bisa mengembalikan file yang terhapus di Mac dengan mengakses folder Trash. Caranya, klik ikon tempat sampah yang berada di bar layar home Mac. Setelah folder Trash terbuka, cari file yang telah Anda hapus. Kemudian, klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi "Put Back".

Baca juga: Rahasia Apple Sukses di Masa Pandemi: Berkat iPhone 13 Series

Dengan memilih opsi itu, file tersebut bakal balik lagi ke folder tempat asalnya sebelum dihapus. Memulihkan file yang terhapus dengan fitur Undo Cara mengembalikan file yang terhapus di Mac bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan fitur Undo. Fitur ini secara umum memiliki fungsi untuk membatalkan perintah yang diberikan perangkat.

Fitur Undo bisa dipakai untuk memulihkan file yang terhapus di Mac, asalkan Anda belum melakukan atau menambahkan perintah baru di perangkat.

Cara ini sangat cocok dilakukan sesaat setelah menghapus file dari penyimpanan Mac. Jadi setelah klik opsi "delete" pada file di penyimpanan Mac, kemudian Anda merasa ada file yang tidak seharusnya dihapus, Anda bisa langsung klik tombol "Command" dan "Z" (Command+Z) untuk mengaktifkan fitur Undo. File yang tadinya sudah terhapus dan berpindah ke folder Trash, bakal langsung otomatis kembali ke folder penyimpanan sebelumnya, setelah menggunakan fitur Undo.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved