MotoGP Mandalika

Tak Masalah Sirkuit Mandalika Berdebu, Malahan Marquez Nikmati Pemandangan Indah

Beberapa pembalap MotoGP mengeluhkan Sirkuit Mandalika di Lombok yang berdebu. saat tes pramusim yang dilakukan pembalap.

Editor: lodie tombeg
Tribunnews
Simulasi tes pramusim MotoGP Mandalika. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Beberapa pembalap MotoGP mengeluhkan Sirkuit Mandalika di Lombok yang berdebu. saat tes pramusim yang dilakukan pembalap. Bahkan motor setiap pembalap nyaris kotor berwarna cokelat dan harus dibersihkan. Tidak buat Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol itu malah menikmati keindahan pemandangan dari sirkuit.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria menyampaikan hasil rapat evaluasi antara Dorna dengan panitia balapan di tes pramusim MotoGP Mandalika 2022.

Dorna menganggap wajar lintasan balap berdebu dan kotor. "Diskusinya membahas hari pertama yang dibilang banyak pasir dan lintasan berdebu. Dorna sendiri dalam
diskusinya menyatakan sesuatu yang wajar. Lintasan yang tak dipakai selama dua bulan, belum lagi masih banyak pembangunan di sana-sini pada area sirkuit. Dorna dan Race Director tak ingin ada perubahan di lintasan sampai ajang MotoGP (Maret) nanti," ujar Priandhi, Minggu (13/2/2022).

Sebaliknya, Dorna memberikan masukan agar lintasan digunakan secara reguler.

"Yang dibutuhkan adalah lintasan dipakai secara reguler. Nantinya debu dan kotoran bisa keluar," tegas Andhi.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerima kunjungan Jarno Zaffelli dari Dromo Circuit Design, yang merupakan designer sekaligus konsultan pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Usai mendapatkan berbagai input dari Jarno Zaffelli seputar kondisi Sirkuit Internasional Mandalika, Bamsoet menegaskan lintasan track yang kotor akibat debu dan kerikil, seperti dialami pada tes pramusim MotoGP pada 11 Maret 2022 menjadi pelajaran penting menghadapi race MotoGP pada 18-20 Maret 2022 nanti.

"Dorna Sport, FIM dan MGPA juga sedang melakukan kajian mendalam terkait lintasan sirkuit yang sempat kotor tersebut. Sehingga bisa mendapatkan kejelasan yang utuh sekaligus memberikan solusi penanganannya agar pada 18-20 Maret 2022 nanti Sirkuit Mandalika semakin siap menggelar MotoGP. Jika ada hal-hal yang perlu dibenahi, IMI siap membantu MGPA sebagai penyelenggara MotoGP membereskan berbagai hal tersebut," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, sebagaimana disampaikan Race Direction Representative dari Dorna Sports, Loris Capirossi, kondisi track sirkuit yang kotor merupakan hal biasa yang sering terjadi pada sirkuit baru yang juga belum digunakan menggelar balapan lagi.

Disinilah kegunaan tes pramusim, untuk membenahi hal-hal yang perlu dibenahi.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved