Asyik Wisata di Ilomata River Camp-Gorontalo, Bupati Hamim pun Mandi Sambil Ngopi

Bone Bolango seakan tidak pernah kehabisan alternatif wisata alam. Kali ini, melalui inisiatif salah satu desa di wilayah itu.

Penulis: Wawan Akuba | Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo
ASYIK - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mandi sambil ngopi di Ilomata River Camp-Gorontalo, Selasa (1/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Bone Bolango seakan tidak pernah kehabisan alternatif wisata alam. Kali ini, melalui inisiatif salah satu desa di wilayah itu, sebuah ekowisata bernama Ilomata River Camp, diresmikan. Wisata yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) itu, menawarkan pengalaman berkemah di bibir sungai.

Ilomata River Camp berada di Desa Ilomata, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Lokasi ini berjarak 27 kilometer dari pusat kota Gorontalo.

Jika ditempuh menggunakan sepeda motor, memakan waktu sekitar 1 jam. Namun durasi itu tergantung seberapa gesit kita mengendarai motor. Sebab, akses ke wilayah ini memang hampir sebagian besar, rusak parah.

Disebut river camp, karena di destinasi wisata minat khusus ini, ada sedikitnya delapan camp atau tenda yang disiapkan untuk para pengunjung. Tenda-tenda ini berjejer di delapan panggung yang terbuat dari papan.

Baca juga: Spot Wisata Baru Gorontalo: Hamim Launching Longalo River Tubing

Namun pengunjung tidak perlu khawatir. Sebab pangung-panggung ini terbilang kokoh karena tiang pancangnya terbuat dari besi dan dicor di dalam tanah. Setiap panggung sedikitnya mampu menampung sepuluh orang dewasa, sementara tenda yang disiapkan hanya mampu menampung sedikitnya empat orang dewasa.

020222-Ilomata River Camp
Healing Forest di Ilomata River Camp-Gorontalo

Menariknya, panggung-panggung berukuran kurang lebih 3x4 meter ini dibuat sedikit menjorok ke sungai, sehingga memunculkan sensasi seperti sedang melayang di atas sungai.

Sensasi ini pun sebetulnya yang sangat memikat wisatawan. Apalagi jika bersantai sambil ngopi di sore hari. Dengan udara TNBNW yang masih segar, sudah pasti akan melengkapi pengalaman berwisata alam yang cukup mengesankan.

Wisata ini diresmikan Bupati Bone Bolango, Hamim Pou pada Selasa (1/2/2022) siang. Usai meresmikan wisata tersebut, Hamim langsung mencoba berkano dan mengarungi sungai Bolango yang terbilang cukup ekstrem. Hamim pun terlihat mandi sambil ngopi di sungai.

Kepada gorontalo.tribunnews.com, Lilis, seorang pengunjung yang sudah merasakan bermalam di Ilomata River Camp merekomendasikan warga urban untuk mencoba healing forest di tempat tersebut.

Lokasinya yang jauh dari hiruk-pikuk kota menurut Lilis, menjadi salah satu alasan kenapa tempat tersebut sangat direkomendasikan untuk para warga urban.

“Berkemah di sini sangat luar biasa. Kita stres dengan pekerjaan di kota, ke sini saja lah. Ini benar-benar memberikan pengalaman yang luar biasa untuk kita warga urban,” ungkap Lilis. (wan)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved