Bupati Hamim Beberkan Kemajuan Bone Bolango di Usia 19 Tahun

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menggelar upacara Hari Ulang Tahun Kabupaten Bone Bolango ke-19.

Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo
HUT KABUPATEN - Bupati Hamim Pou (tengah baris depan) bersama jajaranya saat rayakan HUT ke-19 Kabupaten Bone Bolango di Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (27/1/2022) 

TRIBUNGORONTALO.COM, Suwawa - Pemerintah Kabupaten Bone Bolang menggelar upacara Hari Ulang Tahun Kabupaten Bone Bolango ke-19 di Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (27/1/2022) sekitar pukul 08.30 Wita.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou memberikan sambutan positif penuh gelora saat dirinya menjadi inspektur upacara Dirgahayu ke-19 tersebut.

Bupati menanggapi bagaimana progresi bagi perkembangan Kabupaten Bone Bolango. Hamim menjelaskan gambaran kehidupan masyarakat dalam 11 tahun silam, Kabupaten Bone Bolango menurutnya berada pada titik terendah. Angka kemiskinan yang cukup tinggi, ketimpangan yang sangat lebar, infrastruktur dasar maupun layanan publik yang tidak layak.

Pada aspek birokrasi dan demokrasi dan akuntabilitas daerah yang nilainya masih sangat rendah, human development indeks berada pada urutan yang tidak dapat dibanggakan, opini keuangan disclaimer, jumlah desa yang tertinggal yang masih sangat banyak.

Hamim melanjutkan bahwa fakta lainnya bahwa tingkat pengangguran di Kabupaten Bone Bolango yang sangat tinggi, serta pertumbuhan ekonomi berada pada strata Kabupaten lainnya di Provinsi Gorontalo.

“Alhamdulillah, dengan keyakinan dan kerja keras disertai sinergi dan kolaborasi sehingga sampai pada hari ini tepat pada ulang tahun Bone Bolango ke-19, Bone Bolango yang kita cintai menjadi salahsatu yang terbaik dengan prestasi yang terus dibenahi," ujar Hamim.

Bupati menambahkan kemajuan dari Bone Bolang juga tak lepas dari peran vital dari masyarakat Bone Bolango dalam mengantarkan Bone Bolango menjadi satu-satunya Kabupaten Maju di Provinsi Gorontalo.

270122-HUT Bone Bolango
PERAYAAN - Pejabat Pemerintah Kabupaten Bone Bolango foto bersama saat HUT ke-19 di Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (27/1/2022)

Baca juga: Wabup Bone Bolango Temani Anak SD Vaksinasi

Selain itu, bersama petani dan nelayan, produksi pertaniandan perikanan di Bone Bolango dalam 10 tahun terakhir meningkat pesat.

Tak hanya itu, Hamim mengungkapkan adanya kesenjangan sosial juga menurun hingga 0,2 persen, meningkatkan angka harapan hidup menjadi 68,52 tahun, dan indeks kepuasan terhadap peran Pemerintah meningkat menjadi 81,03 persen.

“Alhamdulillah, di tengah pandemi Covid-19 ini, kita menjadi satu-satunya daerah di Gorontalo yang ekonominya bertumbuh positif 0,6 persen. Dan kita pun menjadi daerah dengan rasio kesenjangan sosial terbaik di Provinsi Gorontalo.

Bupati Hamim menilai bahwa semua hasil yang dicapai merupakan buah dari kerja cerdas dan ikhlas dari semua elemen masyarakat Kabupaten Bone Bolango. Sebab menurutnya Kerja-kerja pemerintah ini tentunya tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh stakeholder yang ada.

Hamim juga berharap Pemerintah akan terus bergotong royong untuk menurunkan angka kemiskinan sesuai dengan target yang telah kita tetapkan. Bersama semua anggota Kesehatan kita akan terus menurunkan angka stunting, mewujudkan Desa Mandirid dan Desa Maju.

Selain itu, Pemerintah Bone Bolango akan terus berusaha untuk meningkatkan fasilitas pendidikan, dan menuntaskan buta huruf Al-quran dan memperbanyak para hafidz ataupun penghapal Al-quran. (jil)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved