Breaking News:

Peresmian Edu-Geowisata Oluhuta Journey-Gorontalo, Bupati Hamin Cerita Laut yang Terangkat

Bupati Bone Bolango Hamim Pou meresmikan objek wisata yang dinamakan Edu-Geowisata di Desa Oluhuta.

Penulis: Fajri_A_Kidjab | Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo
PERESMIAN - Bupati Bone Bolango Hamim Pou meresmikan Edu-Geowisata di Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo pada Kamis (13/1/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Suwawa - Bupati Bone Bolango Hamim Pou meresmikan objek wisata yang dinamakan Edu-Geowisata di Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo pada Kamis (13/1/2022).

Usai melaunching Edu-Geowisata, Bupati Hamim Pou tak hentinya memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan dosen yang tergabung dalam UKM Literasi Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Menurutnya, Desa Oluhuta merupakan kawasan geosains, kawasan yang sangat menjanjikan, dapat dimanfaatkan sebagai tempat penelitian, beristirahat, juga wisata. Bupati membayangkan tebing-tebing dibikin pondok-pondok kayu yang menghadap ke laut lepas, menjadi sarana buat refreshing.

“Di situ juga ada situs-situs purba yang pasti orang-orang para peneliti akan datang ke sini. Dia akan teliti itu lautan terangkat, ada manusia purba Oluhuta yang berusia diperkirakan 700 juta tahun, kemudian ada goa-goa. Kemudian ada karang-karang, itu menarik dan menjadi ladang objek penelitian," katanya.

Lanjut Hamim, juga menjadi objek wisata untuk kita semua yang bisa mendatangkan pendapatan bagi masyarakat. "Membuka lapangan kerja, dan ini objek wisata yang tahan lama karena telah disediakan oleh alam tinggal bagaimana kita merawatnya dengan baik,” ujar Bupati kepada tribungorontalo.com.

Baca juga: Viral Wisata Gorontalo: Ramai-ramai Serbu Bumi Ceria Bone Bolango

Ide pokok dari lahirnya objek wisata ini mulanya berasal dari Program Holistik Pengembangan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) oleh Kemendikbudristek. Organisasi-organisasi mahasiswa tiap universitas di Indonesia diberi kesempatan untuk memasukkan proposal ke Kemendikbudristek untuk diseleksi.

140122-Peresmian Edu-Geowisata
WISATA - Peresmian Edu-Geowisata di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis (13/1/2022).

“Dari ribuan proposal yang masuk, itu ada 265 yang didanai. Satu di antaranya PHP2D UKM Literasi UNG,” ungkap Intan Noviantari Manyoe, Dosen Pembimbing UKM Literasi UNG.

UKM Literasi UNG ini mengangkat dua topik utama, pertama situs manusia Oluhuta, yakni kerangka manusia Oluhuta yang telah berumur 700 tahun. Dan situs lautan terangkat, yakni teras terumbu atau reef terrace yang terbentuk di laut dangkal kemudian oleh proses tektonik terangkat ke permukaan.

Fenomena ini yang kemudian diberi nama laut terangkat oleh UKM Literasi UNG. Dua situs ini dikembangkan berbasis klamping literasi (glamourous camping literasi) dan mobile @marketing. Klamping literasi adalah suatu ruang informasi dimana didalamnya memuat informasi-informasi tentang situs lautan terangkat, dengan situs manusia Oluhuta serta potensi-potensi lain.

Sedangkan mobile @marketing merupakan aplikasi berbasis android yang dapat didownload melalui playstore dan bisa juga digunakan offline yang memungkinkan wisatawan bisa mengaksesnya dengan mudah hanya dengan mengscan bar code yang disediakan pada papan informasi.

“Jadi semua kalangan mulai anak-anak hingga orang dewasa bisa berkunjung ke Oluhuta untuk ada tiga hal: Pendidikan, pusat penelitian dan wisata,” ujar Intan.

Mereka bekerja sama dengan Research Institute For Humanity and Nature Kyoto, Jepang dan Gunma Museum of Natural History, Gunma/Jepang. Untuk lokal mereka bekerja sama dengan Bappeda Provinsi Gorontalo, Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan dan Kelautan, Balai Cagar Budaya, dan Museum Purbakala Popa Eyato. (jil)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved