Breaking News:

Bupati Hamim: Warga Bone Bolango Bisa Bantu Orang dengan PSC

Bupati Bone Bolango Hamim Pou meresmikan layanan kesehatan, Public Safety Center (PSC) 119 di Kabupaten Bone Bolango.

Penulis: Fajri_A_Kidjab | Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo
PERESMIAN - Bupati Hamim Pou meresmikan layanan kesehatan, PSC 119 di Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Jumat (14/1/2022) pagi. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Suwawa - Bupati Bone Bolango Hamim Pou meresmikan layanan kesehatan, Public Safety Center (PSC) 119 di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Jumat (14/1/2022) pagi.

PSC merupakan upaya pemerintah dalam melakukan layanan cepat yang membutuhkan pertolongan dan layanan yang bisa memberikan panduan bagi masyarakat awam.

Dimaksudkan bisa menyelamatkan orang lain (pertolongan pertama) sebelum mendapatkan penanganan medis profesional, seperti penderita serangan jantung melalui layanan gratis 119.

“Mereka akan dipandu langsung oleh petugas, sebelum mendapat pertolongan lanjutan di fasilitas lab terdekat, apakah di puskesmas ataupun di rumah sakit.” ungkap Hamim.

Baca juga: Bupati Hamim Lantik 116 Pejabat Pemkab Bone Bolango

Selain itu, Bupati menambahkan di PSC, masyarakat setempat dapat dilayani secara langsung atau disebut penanganan ganda darurat terhadap masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Karena fasilitas-fasilitas untuk pertolongan dasar telah disiapkan di PSC tersebut.

140122-Hamim Pou
Bupati Bone Bolango Hamim Pou

“Sekali lagi saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan PSC Dinas Kesehatan ini untuk mendapatkan layanan kesehatan secara cepat dan gratis tentunya. Dan untuk menghubungi 119 juga itu tidak membutuhkan biaya karena biayanya ditanggung oleh pemerintah,” pungkas Bupati.

Kadis Kesehatan Bone Bolango dr Meiryn Kadir tidak menutupi kebahagiaan akan hadirnya layanan PSC.

Menurutnya, selama ini terlalu banyak masyarakat yang berada jauh dari jangkauan rumah sakit sering mendapatkan masalah dalam melakukan rujukan disebabkan petugas yang tidak ada dan fasilitas pengangkutan yang tidak tersedia.

Kehadiran layanan PSC ini juga memungkinkan rumah sakit memiliki respons yang cepat jika ada permintaan bantuan dari puskesmas-puskesmas yang jangkauannya jauh dari RSUD Toto Kabila.

“Dengan adanya PSC ini, kami berharap semua masyarakat yang agak jauh dari rumah sakit, begitu ada keluhan ataupun butuh jangkauan rujukan itu kami siap untuk membantu,” kata Meiryn. (jil)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved