Covid Omicron

Gubernur Gorontalo Cek Ketersediaan Tabung Oksigen Antisipasi Omicron

Stok tabung oksigen mencukupi di Provinsi Gorontalo. Ketersediaan tabung oksigen dipastikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Guna mengantisipasi.

Penulis: lodie tombeg | Editor: lodie tombeg
Kominfo Prov Gorontalo
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengecek ketersediaan tabung oksigen di SAMATOR PT Aneka Gas Industri Tbk (AGI) di Desa haya-haya, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Rabu (22/12/2021). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Stok tabung oksigen mencukupi di Provinsi Gorontalo. Ketersediaan tabung oksigen dipastikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Guna mengantisipasi kemungkinan terburuk masuknya gelombang ke-3 Covid-19 ke Provinsi Gorontalo.

Gubernur Rusli mengecek ketersediaan tabung oksigen di SAMATOR PT Aneka Gas Industri Tbk (AGI) di Desa Haya-haya, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Rabu (22/12/2021). Pengecekan ini didampingi Kepala SAMATOR PT AGI Cabang Gorontalo Destavana Brahmanto.

Destavana menyampaikan untuk kesiapan stok tabung oksigen dalam rangka menghadapi gelombang ketiga atau masuknya varian baru Omicron. SAMATOR memastikan ketersediaan stok tabung oksigen mencukupi. Hal tersebut berdasarkan pengalaman bulan Agustus ketika masuknya varian Delta. Saat ini, pihaknya mengaku lebih siap untuk mensupport semua rumah sakit di Gorontalo.

“Sebagai laporan pak gubernur, ketersediaan tabung oksigen kami rasa cukup ketika nanti bila saja akan terjadi gelombang ke-3 Covid-19 atau menghadapi varian Omicron. Di bulan Agustus yang lalu saja kita berhasil mensuplai kurang lebih 16.257 botol untuk kebutuhan rumah sakit. Untuk sekarang kalau kita hitung-hitung stoknya cukup bahkan sampai Maret 2022 mendatang,” kata Destavana dikutip dari gorontaloprov.go.id.

Baca juga: Pasien Omicron di Inggris Alami Gejala Berbeda

Gubernur Rusli merasa mengapresiasi. Katanya, tabung oksigen harus selalu tersedia meski saat ini angka penularan Covid-19 di Gorontalo menurun. Ini juga berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah, agar mengecek ketersediaan oksigen, obat-obatan, ruangan isolasi, rumah sakit, guna menghadapi Nataru dan masuknya varian Omicron.

“Alhamdulillah kita berkaca Agustus kemarin kita bisa tangani waktu lonjakan Delta, insya allah tapi amit-amit semoga tidak ada lonjakan ketiga atau masuk varian Omicron, tapi karena ini namanya usaha kita harus mempersiapkan diri istilahnya sedia payung sebelum hujan, dan ini juga adalah perintah pak presiden. Makanya hari ini saya turun dari pesawat langsung kesini ditemani teman-teman forkopimda,” ucap Rusli.

Sebagai langkah antisipatif, Gubernur dua periode ini juga langsung meninjau RS Ainun Habibie yang menjadi RS rujukan pasien Covid-19 di Provinsi Gorontalo. Gubernur akan memastikan ketersediaan ruang isolasi, obat-obatan sampai tenaga medis yang tersedia.

“Terima kasih kepada SAMATOR karena ketersediaan tabung gas kita mencukupi sampai Maret 2022 nanti, itu yang sangat saya harapkan. Ini untuk menghadapi libur panjang Nataru, maupun penyebaran Omicron semua harus sudah kita siapkan, dari sini kita akan ke rumah sakit rujukan provinsi yang khusus untuk Covid-19,” tandasnya.

Kunjungan Gubernur Rusli kali ini didampingi Danrem 133 NWB, Wakapolda Gorontalo, Kabinda Gorontalo, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Kepala Pengadilan Tinggi Gorontalo, Sekdaprov Gorontalo, serta Satgas Covid-19. (lat)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved