Pilpres 2024

Simulasi 4 Capres tanpa Ganjar: Prabowo atau Anies Pemenang Pilpres 2024

Prabowo Subianto atau Anies Baswedan berpotensi memenangkan pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 jika Ganjar Pranowo tidak maju pilpres.

Editor: lodie tombeg
Tangkapan layar video SMRCTV
Survei elektabilitas capres oleh SMRC. Prabowo Subianto atau Anies Baswedan berpotensi memenangkan pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 jika Ganjar Pranowo tidak maju pilpres. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Temuan terbaru survei siapa pemenang Pilpres 2024. Prabowo Subianto atau Anies Baswedan berpotensi memenangkan pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 jika Ganjar Pranowo tidak maju pilpres.

Dalam simulasi 4 nama capres, Gubernur Jawa Tengah tidak diikutsertakan, peneliti Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menemukan elektabilitas:

Prabowo Subianto 36,8 persen

Anies Baswedan 32,9 persen

Airlangga Hartarto 5,8 persen

Puan Maharani 5,2 persen

Tidak tahu/tidak jawab 19,2

Pada simulasi 4 nama figur capres kali ini, kata Deni Irvani, Direktur Riset SMRC, didasarkan peluang 4 poros pada Pilpres 2024.

Airlangga berpeluang diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang didukung Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Prabowo yang telah dideklarasikan sebagai capres oleh Partai Gerindra, kemungkinan diusung koalisi Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Anies diusung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

Sedangkan Puan diusung PDIP. Partai besutan Megawati Soekarnoputri satu-satunya parpol yang dapat mengusung pasangan capres - cawapres, melewati 20 persen kursi di parlemen (DPR RI).

SMRC juga mengikutsertakan hasil penelitian elektabilitas keempat figur mulai Desember 2021 - Desember 2022.

Prabowo Subianto

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved