Pemkab Pohuwato

Suharsi Igirisa Jadi Pembicara dalam Program RRI Gorontalo

Acara Dialog khusus ini dipandu langsung oleh host Diandra Liputo yang bertajuk “Perkembangan Ekonomi Pohuwato 2022

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Wabup Suharsi Igirisa saat jadi pembicara RRI Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Marisa – Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa diundang menjadi narasumber pada program RRI Gorontalo

Acara Dialog khusus ini dipandu langsung oleh host Diandra Liputo yang bertajuk “Perkembangan Ekonomi Pohuwato 2022 dan Apa Prospek di 2023,"  yang diselenggarakan di Wisata Pantai Pohon Cinta, Kecamatan Marisa, Kamis (08/12/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Suharsi Igirisa banyak menjelaskan mengenai program-program yang telah dan akan dilaksanakan.

Sejumlah program itu di antaranya pariwisata, ekonomi, kemiskinan, stabilitas kamtibmas menghadapi agenda politik tahun 2024 hingga menghadapi ancaman resesi global akibat krisis pangan energi.

Baca juga: Pemkab Pohuwato Kunjungi Balai Penelitian Pengembangan Jagung di Maros, Sulsel

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur, ada banyak potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pohuwato, luar biasa sumber daya alamnya, karena kami melihat dan merasakan pertumbuhan ekonomi di sini (Pohuwato) ditopang oleh pariwisata, pertambangan, perikanan, kelautan, pertanian, perkebunan dan itu yang menopang serta mendukung berjalannya program pembangunan disini (Pohuwato),"  ucap Wabup Suharsi.

Wabup Suharsi juga mengungkapkan, ada banyak sekali sumber-sumber pendapatan daerah sehingga perekonomian di daerah tetap stabil dan cukup menjanjikan untuk sekelas daerah seperti Pohuwato. 

Meski, sedikit berkurang dari target yang ada, namun pihaknya tetap bersyukur bisa mencapai PAD yang maksimal.

Menurut Wabup Suharsi, pariwisata juga sangat mendominasi, karena potensi yang dikembangkan di Kabupaten Pohuwato bukan hanya potensi alam saja, namun juga potensi unggulan lainnya.

Dalam upaya memacu pembangunan di Kabupaten Pohuwato, pihaknya juga membuka peluang kepada investasi untuk menanamkan modalnya dalam memajukan gerak roda pembangunan di Kabupaten Pohuwato. 

"Selama ini para investor memiliki persepsi yang kurang baik terhadap pemerintah daerah, misalnya terkait proses perolehan izin, tanah, pungutan, dan retribusi. Alhamdulillah itu kami permudah, kami juga tidak mempersulit dan itu terus kita perbaiki, sebab manfaat dari hadirnya investor sungguh luar biasa demi kemajuan daerah," tutur Wabup Suharsi.

Baca juga: Pemkab Pohuwato Kerja Sama Pengembangan SDM dengan 2 Perusahaan Tambang

Selain itu, Wabup Suharsi juga menjelaskan, untuk tahun 2022 ini, pemerintah daerah mendapatkan alokasi dana insentif daerah kurang lebih Rp.18 Miliar dari pemerintah pusat. 

Tak hanya itu, pihaknya juga mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 22 Miliar yang kesemuanya itu merupakan penghargaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah Pohuwato, dalam hal penilaian kinerja pemerintah daerah. 

"Semua ini kami lakukan untuk bagaimana menstabilkan ekonomi di daerah, dengan cara memberikannya langsung ke masyarakat, dan insyaallah yang Rp. 22 Miliar itu di awal tahun 2023 akan kami distribusikan kepada rakyat Kabupaten Pohuwato," jelasnya.

Disamping itu dijelaskan pula beberapa sektor pendukung yang menjadi arah kebijakan pemerintah Kabupaten Pohuwato di masa pemerintahan saat ini, yakni infrastruktur, pariwisata, perikanan, perkebunan, pertambangan, pertanian dan lain sebagainya.

Dalam dialog ini Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa juga berkesempatan berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui dialog interaktif. Semua pertanyaan mengenai kiprah serta sepak terjang bupati dan wakil bupati Pohuwato dalam mengatasi tantangan dan permasalahan dapat dijawab dengan baik dan sempurna. Advertorial (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved