Update vaksinasi Gorontalo

Update Vaksinasi Gorontalo Selasa 15 November 2022: Dosis 3 Baru 15 Persen

Update vaksinasi Gorontalo Gorontalo tahap 1-4 saat ini masih dalam posisi yang tidak begitu naik. Grafik kenaikan cenderung melambat.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Wawan Akuba
Vaksinasi di sekolah yang digelar oleh BIN daerah Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Melansir dari data yang dipublikasi Kementerian Kesehatan, angka vaksinasi Gorontalo dosis I per 15 November 2022 masih berada di angka 83,76 persen atau baru 883.856.

Sementara dosis II per hari ini terpantau sudah berada di angka 61,77 persen atau 651.774 warga Gorontalo yang sudah ikut vaksinasi dosis II.

Angka masih kecil adalah capaian vaksinasi tahap 3 atau booster. Sebab, hingga 15 November 2022 angkanya masih di 15.80 persen atau baru 116.715 warga Gorontalo yang sudah ikut vaksinasi tahap 3. 

Lalu vaksinasi tahap 4 persentasenya masih di bawah 10 persen, karena saat ini baru 8 ribuan warga yang sudah divaksin.

Perlu diketahui, sasaran vaksinasi Provinsi Gorontalo mencapai 1.055.209 jiwa. Jumlah itu meliputi tenaga kesehatan, warga lansia, petugas publik, masyarakat rentan dan masyarakat umum, serta warga usia 12-17 tahun, dan 6-11 tahun.

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi. Jika sudah memenuhi syarat, dapat melakukan vaksinasi, terutama vaksinasi tahap 3. 

Saat ini, memang sudah jarang dibuka posko vaksinasi di lokasi tertentu. Namun, setiap hari ada pelayanan vaksinasi di setiap puskesmas di Kota Gorontalo.

 

Kebijakan Perjalanan untuk Pelaku Perjalanan dalam Negeri (PPDN)

Sesuai Surat Edaran Satgas Nomor 24 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), PPDN dengan moda transportasi udara, laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan, dan kereta api antar kota dari dan ke daerah di seluruh Indonesia berlaku ketentuan sebagai berikut:

  • Bagi usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster).
  • Bagi Warga Negara Asing, berasal dari perjalanan luar negeri dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.
  • Bagi anak usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.
  • Bagi anak usia 6-17 tahun yang berasal dari perjalanan luar negeri dikecualikan dari kewajiban vaksinasi.
  • Anak usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap syarat vaksinasi namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi Covid-19.

Bagi yang tidak dapat vaksinasi karena kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, dikecualikan terhadap syarat vaksinasi, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

PPDN tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen dan dapat melakukan perjalanan dalam negeri dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved