Polemik Tambang Suwawa

Breaking News: Puluhan Masyarakat Suwawa Menyerbu Kantor Bupati Bone Bolango

Kata dia, akhir-akhir ini banyak aksi demonstrasi penolakan tambang ilegal Batu Hitam di Suwawa. Kendati, para penolak tambang ini, bukanlah asli Suwa

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Potret aksi demonstrasi di kantor DPRD Bone Bolango, Senin (14/11/2022)/tayangan LIVE FB Tribun Gorontalo 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Aliansi Masyarakat Suwawa dan Pemuda serta mahasiswa Bone Bolango menggelar aksi pagi ini, Senin (14/11/2022). 

Informasi dari koordinator aksi, Dewa Diko, aksi yang akan berlangsung di beberapa titik ini, sebagai akumulasi keresahan masyarakat Bone Bolango. 

Kata dia, akhir-akhir ini banyak aksi demonstrasi penolakan tambang ilegal di Suwawa, baik tambang emas maupun batu hitam. Kendati, para penolak tambang ini, bukanlah asli Suwawa

“Aksi yang dilakukan bukan solutif dan tidak substansial, sehingga dapat memperkeruh stabilitas di Bone Bolango,’’ kata Dewa. 

Ia dan puluhan masyarakat Bone Bolango khawatir, jika demo itu terus dilakukan, akan mengancam penghidupan masyarakat. Sebab berisiko masyarakat asli Suwawa kehilangan pekerjaan. 

“Kami mengecam tindakan aksi yang jelas bukan dari masyarakat asli Suwawa,” tegas Dewa dalam laporan tertulisnya.

Dewa mengklaim, ada 2 ribuan warga Bone Bolango yang ikut aksi tersebut. Rata-rata pedemo menggunakan motor yang sudah dimodifikasi jadi trail. 

Sejumlah tempat yang didatangi adalah Kantor Bupati Bone Bolago, Kantor PT Gorontalo Mineral, DPRD Bone Bolango, dan rencana akan ke Polda Gorontalo. 

Beberapa ada masyarakat yang pakai mobil pribadi hingga nebeng di truk bermuatan sound system. 

Aksi kali ini disebut-sebut sebagai aksi masyarakat Bone Bolango mengecam demo oleh warga non-Bone Bolango.

Berikut 6 tuntutan aksi  Aliansi Masyarakat Suwawa dan Pemuda serta mahasiswa Bone Bolango:

1. Tangkap yang Terindikasi PROVOKATOR.

2. Atas Nama Pribumi Kami Mengecam Keras Tindakan Aksi yang dilakukan Jelas Bukan dari Masyarakat Suwawa Pada Umumnya Bone Bolango.

3. Kami Rakyat Suwawa Menginginkan Ketenangan dan Kedamaian dalam Memenuhi Hajat Hidup Keluarga dan Pendidikan Terhadap Anak Cucu Kami.

4. Apabila Mata Pencaharian Masyarakat Suwawa Terganggu Kami sangat Khawatir akan dapat Menimbulkan/Meningkatkan Kriminalitas di Wilayah Suwawa Pada Umumnya Wilayah Bone Bolango.

5. Apabila Mata Pencaharian kami yang ada di Tambang Suwawa Dihentikan Maka Jelas Pendidikan Anak Cucu Kami Terhenti dan Pastinya Kami Sangat Mengecam Hal itu Terjadi.

6. Kami Butuh Solusi dari Semua Pihak, Bukan justru yang dapat Menimbulkan Instabilitas di Wilayah Bone Bolango.

(*) 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved