PEMPROV GORONTALO

Lonuo-Gorontalo Juara III Sebagai Desa Pengelola Terbaik Homestay Terbaik

Sebelumnya, Desa Lonuo ini masuk dalam 50 desa wisata  Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Setelah rangkaian penilaian, akhirnya bisa keluar s

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer didampingi istri drg. Gamaria Monoarfa, Sekdaprov Gorontalo, Kadis Pariwisata dan Bupati Bonebolango bersama ayahanda Desa Lonuo yang memenangkan juara III dalam pengelolaan homestay terbaik wisata Bukit Arang Lonuo pada malam penganugerahan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 pada Minggu malam, (30/10/2022) di Jakarta. (Foto Valen) 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Desa Lonuo Bukit Arang, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo juara III dalam pengelolaan homestay terbaik berdasarkan penilaian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebelumnya, Desa Lonuo ini masuk dalam 50 desa wisata  Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Setelah rangkaian penilaian, akhirnya bisa keluar sebagai juara III. 

Menparekraf RI, Sandiaga Uno menuturkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf. Fokusnya sebagai penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia.

“Desa wisata menjadi bagian dari upaya pembangunan berkelanjutan sesuai prinsip SDGs. Keberadaannya diharapkan bisa ikut memelihara alam dan budaya setempat yang diwariskan turun-temurun.

Di tingkat desa, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan ketua Pokdarwis posisinya sangat menentukan (kelanjutan desa wisata),” ujar Menparekraf

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia. Hadir sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat.

Sementara itu Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, yang menyaksikan langsung penyerahan pemenang desa wisata terbaik ini menyampaikan kebanggaanya, atas keberhasilan Desa Lonuo Bukit Arang yang berhasil meraih juara III pada kategori homestay terbaik. 

Menurut Hamka keberhasilan ini tentu tidak lepas dari peran serta masyarakat di desa Lonuo

“Hasil ini merupakan kerja keras bersama yang tentu tidak terlepas dari peran serta masyarakat, pemerintah desanya serta kelompok sadar wisata. Ini merupakan wujud daripada kebersamaan kita mengembangkan desa wisata yang ada,” kata Hamka

“Saya ucapkan selamat kepada Desa Lonuo khususnya pemerintah desanya. Dan ini tentunya penghargaan buat masyarakat desa Lonuo lebih luasnya pemerintah kabupaten Bone Bolango. Semoga ini menjadi inspirasi bagi desa yang lain untuk kita terus berkomitmen mendorong memajukan pariwisata di Provinsi Gorontalo,” tambahnya.

Pada tahun ini, Kemenparekraf menetapkan tujuh kategori penilaian ADWI 2022, meliputi daya tarik pengunjung, CHSE, souvenir, digital dan kreatif, homestay, toilet umum, dan kelembagaan desa wisata. 

Kategori terakhir merupakan poin terbaru dalam proses penilaian tahun ini. Ajang ini diikuti oleh 3.419 desa wisata, melebihi target awal yakni sebanyak 3.000 desa. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved