Demo Gorontalo

Mahasiswa Papua di Gorontalo Protes Harga BBM Rp 50 Ribu Per Liter

Eti Purwenda, mahasiswa senior asal Papua dengan suara tegas meminta pemerintah tidak tutup mata dengan kondisi warga Papua. 

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Apris Nawu
Sejumlah mahasiswa Papua di Gorontalo menggelar aksi demonstrasi. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Sedikitnya 35 mahasiswa asal Papua yang kini kuliah di Gorontalo, menggelar aksi protes di depan Kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Jumat (7/10/2022). 

Tuntutannya dua; selesaikan kasus pelanggaran HAM, dan turunkan harga BBM di Papua yang mencapai Rp 50 ribu per liter. 

Eti Purwenda, mahasiswa senior asal Papua dengan suara tegas meminta pemerintah tidak tutup mata dengan kondisi warga Papua. 

Sebab, BBM satu harga di Papua rupanya belum berlaku sepenuhnya. Kini masyarakat lokal Papua kata dia harus mengeluarkan biaya besar hanya untuk BBM. 

“Kami mahasiswa papua yang tergabung dalam Organisasi Ikatan Pelajar Mahasiswa Papua Indonesia ( IPMPI) menuntut demikian. Agar bagaimana bisa persoalan empat warga sipil di Timika dan harga BBM bisa diselesaikan,” kata Eti.

Adapun pelanggaran HAM yang diminta dituntaskan oleh 35 pedemo itu adalah kasus 4 warga Timika yang ditemukan meninggal dalam keadaan mutilasi. Sejumlah bagian tubuh hilang. 

Akhir September 2022 lalu, informasinya sudah ada 9 terduga pelaku yang ditahan, sementara 1 orang sementara dikejar. 

Sementara terkait harga BBM yang mencapai Rp 50 ribu per liter di Papua, terjadi karena adanya kelangkaan di sejumlah SPBU. 

Memang, jika merujuk pada harga resmi, Pertamax di Papua dan Papua Barat per 1 Oktober 2022 resmi turun menjadi Rp 14.200 per liter dari Rp 14.850 sejak 3 September 2022 lalu.

Lalu, untuk harga Pertamax Turbo turun menjadi Rp 15.250 per liter, turun dari Rp 16.250 per liter sejak 1 September 2022 lalu.

Sementara harga Dexlite di Provinsi Papua, Papua Barat resmi dinaikkan menjadi Rp 18.100 per liter dari sebelumnya Rp 17.450 per liter sejak 1 September 2022 lalu.

Pertamina Dex juga resmi naik menjadi Rp 18.400 per liter dari sebelumnya Rp 17.750 per liter. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved