PEMPROV GORONTALO

250 Ekor Kucing dan Anjing di Gorontalo Divaksin Karena Jadi Hewan Penular Rabies

Selain sebagai tindakan pencegahan terhadap penularan rabies di Gorontalo, penyuntikan vaksin kepada anjing maupun kucing demi memperingati Hari Rabie

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Dua petugas sedang melakukan vaksinasi terhadap anjing di Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Anjing sebagai Hewan Penular Rabies (HPR) divaksin oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Gorontalo pada 2 Oktober 2022 lalu di Taruna Remaja. 

Selain sebagai tindakan pencegahan terhadap penularan rabies di Gorontalo, penyuntikan vaksin kepada anjing maupun kucing demi memperingati Hari Rabies Sedunia tahun 2022.

Hari Rabies Sedunia diperingati setiap tanggal 28 September. Setiap tahun kami menggelar vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan HPR secara bergilir di kabupaten/kota.

"Tahun lalu di Kabupaten Gorontalo, untuk tahun 2022 ini di Kota Gorontalo,” kata Wakil Ketua PDHI Cabang Gorontalo, drh Feny Rimporok, yang juga sebagai Pejabat Otoritas Veteriner Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

Peringatan Hari Rabies Sedunia tahun 2022 mengangkat tema One Health, Zero Death atau Satu Kesehatan, Nol Kematian.

Feny menjelaskan, tema ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mengendalikan penyakit rabies yang sangat berbahaya. Tema tersebut juga sejalan dengan upaya pemerintah yang menargetkan Indonesia bebas rabies tahun 2030.

“Melalui tema ini diharapkan terbangun kesadaran masyarakat dan seluruh pihak terkait dalam mengendalikan kasus rabies. Kita sama-sama bertekad untuk mencegah dan mengurangi kasus kematian manusia akibat rabies di Gorontalo,” tutur Feny.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, pada tahun 2021 terdapat 763 kasus gigitan HPR. Sementara posisi terakhir tahun ini terdapat 429 kasus gigitan.

Pelayanan vaksinasi rabies dan pemeriksaan kesehatan HPR diikuti oleh lebih dari 250 ekor kucing dan anjing.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved