PEMPROV Gorontalo

Satrad 224 Kwandang Tanam Bibit Buah

RHL ini sudah dilaksanakan sejak 14 September 2022 yang diawali sosialisasi kegiatan dan dilanjutkan pembuatan lubang serta pemupukan media tanam.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Istimewa 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo -- Satuan Radar 224 Kwandang di bawah pimpinan Komandan Satrad 224 Kwandang Mayor Lek Janner H Silalahi beserta seluruh personel melaksanakan penyerahan dan penanaman bibit tanaman buah kepada warga sekitar di Mako Satrad, Kamis (22/09/2022).

Penyerahan dan penanaman bibit tanaman buah ini merupakan salah satu rangkaian dari Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) yang diselenggarakan oleh Satuan Radar 224 Kwandang bekerjasama dengan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL), Pemda Gorontalo serta warga masyarakat sekitar dalam rangka pencegahan bencana alam tanah longsor dan program ketahanan pangan.

RHL ini sudah dilaksanakan sejak 14 September 2022 yang diawali sosialisasi kegiatan dan dilanjutkan pembuatan lubang serta pemupukan media tanam.

Rehabilitasi hutan dan lahan merupakan program yang dicanangkan Pemerintah dengan maksud untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan daya dukung, Produktivitas dan perannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan.

"Rehabilitasi hutan dan lahan ini dilaksanakan melalui reboisasi dengan pola agroforestri yang dilaksanakan pada kawasan yang terdapat aktivitas pertanian masyarakat," kata Janner H Silalahi.

Janner H Silalahi menambahkan selain memulihkan fungsi hutan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan di desa secara mandiri, dengan cara menanam bibit tanaman produktif berupa buah-buahan.

Janner H Silalahi menambahkan kegiatan ini langkah awal investasi untuk anak cucu serta mengembalikkan bukit Goraka agar kembali hijau.

Total bibit yang ditanam mencapai 600 buah yang terdiri dari tanaman durian, matoa, jambu kristal, nangka dan rambutan. Bibit buah ini dilakukan warga Desa Huido Meilito di lahan-lahan milik mereka serta lahan kosong yang berpotensi terjadinya bencana alam.

Rehabilitasi ini juga sebagai momentum menjaga kelestarian hutan sehingga dapat mencegah terjadinya bencana alam tanah longsor dan banjir, serta sebagai sebuah langkah menjadikan warga desa mandiri di dalam memenuhi kebutuhan pangannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PIA Ardyha Garini Ranting 04-15/ Daerah II Satrad 224 Kwandang Ny Dewi Janner H Silalahi beserta pengurus, Kepala Desa Huidu Melito Anton Tombak, para kepala dusun, karang taruna serta masyarakat. adv(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved