Siapkan Dana Pensiun Agar Tak Merana di Usia Senja

Setidaknya begitu menurut Moh Abdan Syakur Buhungo, Agency Manager BRI Life kepada TribunGorontalo.com, Selasa (22/9/2022). 

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Moh Abdan Syakur Buhungo, Agency Manager BRI Life 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Tidak hanya kesehatan yang perlu dipersiapkan menghadapi usia senja, namun juga finansial. 

Keamanan finansial harus diperhatikan. Jangan hanya mengandalkan gaji di saat usia muda. Sebab itu bukanlah solusi. Mesti punya dana pensiun. 

Setidaknya begitu menurut Moh Abdan Syakur Buhungo, Agency Manager BRI Life kepada TribunGorontalo.com, Selasa (22/9/2022). 

Program dana masa pensiun menggunakan BRI Life kata dia memang didesain untuk memberi manfaat saat usia senja nanti. 

Program pensiun dapat membantu masyarakat disiplin menabung untuk dana pensiun.

“Terkadang orang tidak menyadari bahwa hidup terlalu lama tanpa persiapan dana pensiun cenderung dianggap masalah karena menjadi beban untuk keluarga.” kata dia. 

Terkadang sebagian orang seringkali berpikir, urusan pensiun itu urusan nanti, karena masih jauh untuk mencapai usia pensiun. 

Namun hal ini kurang disadari karena minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan. 

Lanjut Abdan Syakur, Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun hari tua sejak dini, di antaranya mulai menyisihkan uang tabungan, berinvestasi dan asuransi. 

Seperti halnya sebuah pepatah aturlah uangmu sebelum uang mengaturmu. 

"Bagi saya semua akan berhasil apabila dilakukan dengan penuh kedisiplinan," tuturnya. 

Investasi bisa menjadi upaya untuk mempersiapkan uang pensiun di masa tua. Terlebih menabung untuk keperluan di masa tua nanti tentu sangat beragam, seperti halnya simpanan berupa uang di bank yang penarikannya dapat dilakukan menurut syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Mempersiapkan dana pensiun sejak dini secara tidak langsung akan menurunkan pola hidup hedonis yang kerap menjadi prioritas orang yang baru bekerja atau memiliki uang.” tukasnya. (*)

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved