Turnamen Catur Gorontalo

Menpora Zainudin Amali Resmi Buka Turnamen Catur Gorontalo

Zainudin mengaku senang bisa membuka turnamen catur Gorontalo. Menurut dia, catur merupakan cabang olahraga (cabor) yang diandalkan.

Penulis: Wawan Akuba | Editor: Wawan Akuba
TRIBUNGORONTALO.COM/WawanAkuba
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membuka Gorontalo Open Turnamen Catur Beregu Gubernur Cup VIII di Hotel Aston, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, resmi membuka turnamen catur Gorontalo di Hotel Aston, Kamis (15/9/2022). 

Zainudin mengaku senang bisa membuka turnamen catur Gorontalo. Menurut dia, catur merupakan cabang olahraga (cabor) yang diandalkan.

Sebab, dalam pertandingan level dunia, Asia maupun Asia Tenggara, atlet catur Indonesia selalu menyumbangkan medali.

“Ini luar biasa catur ini.” ungkap Zainudin yang lantas disambut tepuk tangan oleh pejabat yang hadir.

Menurut Zainudin, capaian itu karena catur diurus dengan baik. Tata kelola organisasi bidang catur sudah lebih baik.

Meski begitu, ia berpesan kepada Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Gorontalo, agar tidak mengelola olahraga catur dengan setengah hati.

“Urus olahraga jangan sekadar, harus diurus dengan pembinaan dan pelatihan.” tegasnya. 

Namun tidak cukup dengan itu, juga harus menggelar kompetisi dan turnamen. Sebab, jika latihan saja tanpa ada turnamen, tentu pembinaan yang dilakukan tidak bisa diukur. 

“Jadi jangan hanya melatih tapi jarang diberi kompetisi. Karena dengan kompetisi kita bisa mengukur kemampuan tim,” tukas dia. 

Gorontalo Open Turnamen Catur Beregu Gubernur Cup VIII merupakan turnamen Se Indonesia Timur. Digelar dengan target untuk persiapan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pada Desember 2022 nanti di Jakarta. 

Turnamen ini juga sebagai ajang seleksi Pra Pon nanti. Lalu sebagai persiapan Kejurnas Catur di Gorontalo pada 2023. 

“Turnamen ini juga untuk menjadikan pecatur junior menjadi generasi pecatur terbaik yang akan mengharumkan bumi Hulonthalo di event nasional maupun Internasional.” ungkap panitia saat melaporkan kegiatan itu kepada Zainudin Amali.

Saat ini, sudah ada 62 regu yang mendaftar turnamen catur Gorontalo. Terdiri dari Sulawesi Utara 9 regu, Sulawesi Selatan 3 regu, Sulawesi Tengah 2 regu, Sulawesi Tenggara 1 regu, Sulawesi Barat 2 regu, Ambon 1 regu, Maluku 1 regu, sisanya dari Gorontalo atau 43 regu.

Turnamen catur Gorontalo ini akan berlangsung 6 hari sejak Kamis (15/9/2022) hingga Selasa (20/9/2022). (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved