Menpora Zainuddin Amali: Atlet Catur Gorontalo Perlu Banyak Ikut Kompetisi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, membuka langsung turnamen catur Gorontalo di Hotel Aston, Kamis (15/9/2022). 

Penulis: redaksi | Editor: Fajri A. Kidjab
TRIBUNGORONTALO.COM/WawanAkuba
Abraham Melkior, peserta turnamen catur Gorontalo termuda. Ia digendong Menteri Pemudan dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat membuka turnamen itu di Hotel Aston, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, membuka langsung turnamen catur Gorontalo di Hotel Aston, Kamis (15/9/2022). 

Saat ini, 62 regu telah mendaftar turnamen catur Gorontalo. Terdiri dari Sulawesi Utara 9 regu, Sulawesi Selatan 3 regu, Sulawesi Tengah 2 regu, Sulawesi Tenggara 1 regu, Sulawesi Barat 2 regu, Ambon 1 regu, Maluku 1 regu, sedangkan sisanya dari Gorontalo atau 43 regu.

Turnamen catur Gorontalo ini akan berlangsung enam hari sejak Kamis (15/9/2022) hingga Selasa (20/9/2022).

Gorontalo Open Turnamen Catur Beregu Gubernur Cup VIII merupakan turnamen se-Indonesia Timur. Ajang ini sebagai persiapan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Desember 2022 di Jakarta. 

Turnamen ini juga, kata Zainuddin, bagian agenda seleksi Pra Pon, serta persiapan Kejurnas Catur di Gorontalo 2023 mendatang. 

Zainudin menggarisbawahi olahraga catur wajib dikelola sepenuh hati.

Ia berpesan, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Gorontalo perlu membina dan melatih atlet catur, sebab 

atlet catur Indonesia selalu menyumbangkan medali di level Asia Tenggara hingga dunia.

Menurut Zainudin, Tata kelola organisasi bidang catur sudah lebih baik, namun perlu peningkatan segi pembinaan dan turnamen-turnamen.

Baginya, cara terbaik untuk merawat atlet-atlet catur di Gorontalo, yakni menggelar kompetisi dan turnamen secara konsisten.

“Jadi jangan hanya melatih tapi jarang diberi kompetisi. Karena dengan kompetisi kita bisa mengukur kemampuan tim,” jelasnya.

 

 

(TribunGorontalo.com)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved