Aksi 9 September Gorontalo

Polda Gorontalo Turunkan 1.450 Personel Kawal Unras Mahasiswa Gorontalo

20-an ormawa itu mengklaim sebagai Aliansi Merah Putih. Aksi mereka sebagai protes terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sejak 3 September

Penulis: Wawan Akuba | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Ada setidaknya 1.400 personel diturunkan Polda Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Sedikitnya 1.450 personel polisi turun mengawal unjuk rasa (unras) mahasiswa Gorontalo hari ini, Jumat (9/9/2022). 

Sesuai informasi, mahasiswa gabungan 20-an organisasi (ormawa) akan melakukan unras di Bundaran Saronde, Kota Gorontalo.

20-an ormawa itu mengklaim sebagai Aliansi Merah Putih. Aksi mereka sebagai protes terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sejak 3 September 2022 kemarin.

Menurut Kapolda Gorontalo, Irjen Helmy Santika personelnya akan mengawal unras mahasiswa Gorontalo dengan sikap persuasif serta humanis.

Karena itu, ia meminta tak ada personelnya yang membawa senjata api (senpi). Intinya ia meminta, agar unras kali ini dikawal dengan tertib dan lancar. 

“Pengamanan mengedepankan pola pendekatan persuasif dalam kegiatan pengamanan unjuk rasa ini, serta menghindari tindakan represif." tutur Helmy Santika, Jumat (9/9/2022). 

Seperti aksi pertama pada 6 September 2022 lalu, aksi Aliansi Merah Putih akan dipusatkan di Bundaran Saronde, jl Nani Wartabone, Kota Gorontalo. 

Namun karena Bundaran Saronde berada dekat dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina, Kepolisian Gorontalo mengambil tindakan dengan memasang kawat berduri. 

Tujuannya, agar tak ada massa aksi yang bisa menguasai SPBU. Sebab, risiko fatal jika nanti massa aksi menguasai tempat pengisian bahan bakar tersebut. 

Saat ini, terpasang kawat berduri di sekeliling SPBU Nani Nani Wartabone. Kawat berduri dipasang sebelum salat Jumat. Sejumlah polisi tampak bersiaga di SPBU tersebut. 

Pada aksi sebelumnya, Aliansi Merah Putih ricuh dengan kepolisian yang berjaga. Aksi pecah dan kacau. Setidaknya lima mahasiswa dilaporkan terluka, sementara satu personel polisi dilarikan ke RS. 

Saat ini terpantau ratusan personel polisi bersiaga di kawasan Bundaran Saronde, Kota Gorontalo. 

Juga disiagakan sedikitnya 3 mobil water canon, 1 mobil barracuda, dan 4 mobil dalmas polisi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved