Arti Kata

Apa Itu Ad Hoc? Tim Khusus yang Dibentuk Komnas HAM Untuk Selidiki Kasus Pembunuhan Munir

Komnas HAM bentuk tim Ad Hoc untuk menyelidiki pelanggaran HAM berat dalam kasus kematian Aktivis HAM Munir Said Thalib, apa itu Ad Hoc?

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
YouTube Kompas TV
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat menggelar konferensi pers di Gedung Komnas HAM, Jakarta, Rabu (7/9/2022) tentang pembentukan Tim Ad Hoc guna menyelidiki pelanggaran HAM berat dalam kasus pembunuhan berencana Aktivis HAM Munir Said Thalib. Apa itu Ad Hoc? 

TRIBUNGORONTALO.COM - Penanganan kasus pembunuhan Aktivis HAM Munir Said Thalib kembali dilanjutkan setelah 18 tahun berjalan.

Kini Komnas HAM membentuk tim Ad Hoc guna melakukan penyelidikan terkait pelanggaran HAM berat dalam kasus kematian Munir.

Sebagaimana diketahui bahwa Munir meninggal dunia akibat diracun saat dalam penerbangan dari Jakarta menuju Belanda pada 7 September 2004 silam.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk Tim Ad Hoc guna menyelidiki pelanggaran HAM berat untuk kasus pembunuhan berencana Munir.

Baca juga: Apa Itu Lie Detector, Alat yang Dipakai Polri Untuk Uji Kejujuran Tersangka Pembunuhan Brigadir J

"Komnas HAM telah membentuk Tim Ad Hoc penyidikan pelanggaran HAM berat untuk peristiwa pembunuhan Munir Said Thalib dengan menunjuk 2 orang komisioner mewakili internal Komnas HAM yaitu saya sendiri Ahmad Taufik Damanik dan ibu Moniaga." ujar Damanik di Gedung Komnas HAM, Jakarta, Rabu (7/9/2022) seperti dilansir TribunGorontalo.com dari kanal YouTube KOMPASTV.

Tim Ad Hoc yang dibentuk guna mengusut kasus kematian Munir ini, kata Damanik, akan bekerja berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM.

"Tim ini akan mulai bekerja untuk melakukan penyelidikan pro justicia berdasarkan Undang-undang 26 Tahun 2000," jelas Damanik.

Hasil dari penyelidikan Tim Ad Hoc tentang kasus pembunuhan Munir tersebut akan disampaikan dalam sidang paripurna.

Baca juga: Apa Itu Officium Nobile, Istilah yang Buat Firdaus Oiwobo Tak Takut Lawan Hotman Paris-Pesulap Merah

Dalam sidang paripurna itulah, lanjut Damanik, status hukum dari kasus kematian Munir akan ditetapkan.

"Setelah selesai hasilnya, itu nanti akan disampaikan ke dalam sidang paripurna berikutnya," tutur Damanik.

"Dalam sidang paripurna itulah nanti baru kemudian ada penetapan tentang status hukum dari kasus atau peristiwa meninggalnya atau dibunuhnya Saudara Munir Said Thalib," sambungnya.

Apa Itu Ad Hoc?

Dilansir TribunGorontalo.com dari Wikipedia, Ad hoc adalah frasa Latin yang secara harfiah memiliki arti 'untuk ini'.

Baca juga: Apa Itu Blunder? Penilaian Pengacara Brigadir J untuk Komnas HAM karena Buka Kasus Pelecehan Seksual

Dalam bahasa Inggris, Ad hoc biasanya menandakan solusi untuk tujuan, masalah, atau tugas tertentu daripada solusi umum yang bisa disesuaikan dengan contoh agunan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved