PEMPROV GORONTALO

Kamu Pegiat Literasi Gorontalo? Pj Gubernur Gorontalo Hamka Beri Tantangan Begini

Staf Ahli Menpora ini menantang pegiat literasi Gorontalo, untuk menggeliatkan perpustakaan daerah. 

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Wawan Akuba
Ilustrasi warga sedang baca buku. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Pegiat literasi Gorontalo ditantang Pj Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer. 

Staf Ahli Menpora ini menantang pegiat literasi Gorontalo, untuk menggeliatkan perpustakaan daerah. 

Ia ingin tahu, apakah pegiat literasi Gorontalo mampu menjadi pemantik minat baca warga Gorontalo. 

“Saya tantang komunitas buku, pegiat literasi ini bikin ide gagasan kemudian cari perpustakaan yang terintegrasi dengan lingkungan.” tantang Pj Gubernur Hamka Hendra, Selasa (30/8/2022). 

Ia meminta dinas perpustakaan mampu menciptakan ruang baca yang nyaman untuk masyarakat. Agar minat dan ketertarikan membaca, naik. 

Menurut Hamka, di era teknologi digital saat ini, perpustakaan dituntut berinovasi.

Tujuannya minat baca masyarakat tetap bisa tumbuh. Rendahnya minat baca, kata Hamka akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia (SDM) di Gorontalo.

“Jika dilihat dari Kondisi perpustakaan baik di provinsi maupun kabupaten kota masih banyak perpustakaan yang belum memenuhi standar.” kata Hamka. 

Ketersediaan sarana dan prasarana dan penunjang lainnya yang belum memadai. 

Ini menjadi tantangan seluruh stakeholder baik provinsi, kabupaten/kota termasuk Bunda Literasi, komunitas buku dan Pegiat literasi untuk menjadikan perpustakaan tetap menarik untuk dikunjungi.

“Ke depan saya berharap literasi di Gorontalo menjadi contoh di Sulawesi khususnya di Indonesia Timur. Kita buatkan satu perpustakaan yang betul-betul representatif yang berwibawa dan menggambarkan kredibilitas orang Gorontalo,” harap Hamka.

Sebelum menutup secara resmi kegiatan Workshop Bunda Literasi, Hamka mengukuhkan Ketua Tim Penggerak PKK Gamaria Purnamawati Monoarfa sebagai Bunda Literasi Provinsi Gorontalo.

Pengukuhan turut disaksikan oleh Plh Sekdaprov Syukri Botutihe, Kepala Dinas dan Pejabat Administrator di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Bunda Literasi Kabupaten/Kota, Bunda Literasi Desa serta para pegiat literasi. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved