Peringati Harla Pramuka Ke-61, Kwarcab Pohuwato Akan Tanam 12 Ribu Pohon

Penanaman pohon oleh Kwarcab Pohuwato itu ditandai dengan penanaman 2 ribu kemiri di Desa Marisa, Kecamatan Popayato Timur, Sabtu (13/08/2022).

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Bibit yang telah didistribusikan ini kiranya dijaga dengan baik, karena disamping mempunyai fungsi untuk melindungi juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Kwatir Cabang (Kwarcab) Pohuwato akan melakukan penanaman 12 ribu pohon di Kecamatan Popayato.

Penanaman belasan ribu pohon itu dipimpin ketua Kwarcab Pohuwato, Nasir Giasi dan dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pramuka ke-61.

Penanaman pohon oleh Kwarcab Pohuwato itu ditandai dengan penanaman 2 ribu kemiri di Desa Marisa, Kecamatan Popayato Timur, Sabtu (13/08/2022).

Lalu seribu pohon Durian, 5 ribu pohon jambu mente, seribu pohon pala, seribu aren, seribu kencana, 5 ratus tabebuya, dan 5 ratus sirsak. Belasan ribu pohon itu akan disebar di Kecamatan Popayato Timur, Popayato, dan Popayato Barat. 

Sejumlah pejabat yang terllibat di antaranya Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, pimpinan OPD, pembina dan peserta kemah besar pramuka pohuwato (KBPP) dan dinas pertanian di salah satu lahan yang ada di Desa Marisa Kecamatan Popayato Timur. 

Kegiatan diawali penyerahan secara simbolis pohon yang diserahkan oleh bupati pohuwato, wakil bupati dan Ketua DPRD kepada perwakilan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ketua Kwarcab Pohuwato atas upaya yang telah dilakukan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Marisa, Kecamatan Popayato Timur, melalui pemanfaatan berbagai jenis pohon sebut saja berupa pohon kemiri.

“Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada ketua kwarcab dalam rangka untuk memperingati hari ulang tahun pramuka ke 61 dan dalam rangkaian hari ulang tahun ke-77 RI telah mengambil bagian dalam penanaman berbagai macam pohon dan ini adalah hal yang penting”, ungkap bupati.

Selanjutnya kata Bupati Saipul, melihat lokasi produksi kemiri yang ada di Desa Maleo, Kecamatan Popayato Timur yang sangat besar dan sangat membutuhkan kemiri yang banyak, untuk itu kepada masyarakat agar memanfaatkan peluang usaha yang ada. 

“Saya pernah ngobrol dengan pemilik usaha ketika berkunjung ke lokasi tersebut, dimana permintaan banyak dan di popayato timur produksi kurang, sehingga industri tersebut banyak menampung kemiri dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Olehnya lewat pencanangan ini kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan tanaman ini untuk peningkatan ekonomi”, harap bupati.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Pohuwato, Nasir Giasi menjelaskan, penanaman 2 ribu bibit pohon kemiri bagian dari rangkaian kegiatan Kemah Besar Pramuka Pohuwato (KBPP) sebagai wujud sikap cinta alam dan kasih sayang kepada sesama manusia. 

“Ini bukan hanya sekedar penghijauan lahan dan hutan, kemiri sendiri memiliki nilai jual yang sangat tinggi bahan bakunya sangat dibutuhkan,” kata  Nasir. 

Ditambahkannya, bibit yang telah di distribusikan ini kiranya dijaga dengan baik, karena disamping mempunyai fungsi untuk melindungi juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved