Pemerintah Kota Gorontalo Genjot Pertumbuhan Ekonomi Melalui Perizinan Usaha Berbasis Resiko

Pemerintah Kota Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) sekaligus Sosialisasi Iplementasi Perizinan Usaha Berbasis Resiko di Hotel Maqna

Penulis: Apris Nawu | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com/Ist
Pemerintah Kota Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) sekaligus Sosialisasi Iplementasi Perizinan Usaha Berbasis Resiko di Hotel Maqna, Rabu (03/8/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Pemerintah Kota Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) sekaligus Sosialisasi Iplementasi Perizinan Usaha Berbasis Resiko di Hotel Maqna, Rabu (03/8/2022).

Diketahui, Perizinan Berusaha Berbasis Risiko merupakan perizinan usaha berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha yang kemudian menentukan jenis perizinan usaha. Dimana Pemerintah Kota Gorontalo saat ini fokus pada peningkatan ekonomi dimasa pemulihan Covid 19. Langkah yang dilakukan mendorong geliat usaha masyarakat melalui UMKM dan usaha skala industri.

Marten Taha menjelaskan, Pemerintah Kota Gorontalo terus mengenjot pertumbuhan ekonomi kota Gorontalo, dengan memberikan peluang seluas-luasnya kepada pelaku usaha untuk berinvestasi dengan berbagai kemudahan yang diberikan seperti pengurusan perizinan terintegrasi secara elektronik.

Selama dua tahun terakhir ini, seluruh daerah di Indonesia termasuk Kota Gorontalo mengalami masa sulit dari segi ekonomi akibat Penyebaran wabah Covid 19. 

"Pertumbuhan Ekonomi Kota Gorontalo tahun 2020 mengalami penurun secara signifikan hingga 0,02 persen yang sebelumnya 6,97 persen dan tahun 2021 mulai menunjukan perbaikan naik menjadi 2,81 persen" ungkap Marten Taha.

"Jadi untuk DMP PTS dalam pengurusan izin sudah online tidak perlu lagi datang-datang dikantor, karena kita sudah terapkan elektronifikasi dalam pemerintahan melalui aplikasi OSS RBA atau yang disebut dengan Online Singel Submission Risk Based Approach (OSS RBA), OSS ini bagaimana perizinan berusaha, memulai dan menjalankan usahanya, dengan perizinan yang sederhana, tidak berbelit-belit, tepat waktu dan singkat akan menarik Investor untuk berinvestasi di kota Gorontalo,” jelas Marten Taha.

Wali Kota dua periode itu mengungkapkan,  target kedepan semakin banyak investasi di daerah, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja sekaligus akan bermuara pada geliat ekonomi muaranya pada kesejahteraan masyarakat.

Ia  berharap pertumbuhan ekonomi di Kota Gorontalo bisa terus tumbuh.

"Dari sini bisa terwujud apabila perizinannya cepat, tepat, dan mudah,” ujarnya.

"Kami targetkan izin usaha dipercepat, tepat dan dimudahkan," kata dia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved