Wisata Gorontalo

Bantayo Poboide, Gedung untuk Mengangkat Raja-raja Gorontalo

Bantayo Poboide posisinya persis di depan Kantor Bupati Gorontalo di Desa Kayubulan, Kecamatan Limboto. Bangunannya berada dalam kawasan wisata.

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Wawan Akuba
TribunGOrontalo.com/RismanTaharuddin
Bangunan Bantayo Poboide keseluruhan terbuat dari kayu. Tempat yang dulunya sebagai balai pertemuan itu, kini menjadi destinasi wisata budaya di Kabupaten Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Bantayo Poboide, rumah tradisional yang menjadi tempat mengangkat raja-raja di Gorontalo zaman dulu. 

Secara etimologi, Bantayo artinya Balai, sementara Poboide adalah Pembesar Negeri.

Dengan pengertian itu, Bantayo Poboide adalah Balai untuk para pembesar negeri.

Bantayo Poboide ini digunakan untuk tempat pertemuan para pemangku adat yang disebut Buatula Syara (Bate) yang bertugas untuk memberhentikan atau mengangkat raja (olongia lolipu).

Tidak cuma itu, Bantayo Poboide dulunya kerap digunakan sebagai tempat musyawarah. Fungsinya kurang lebih sama dengan gedung DPRD saat ini. 

Ali Mobiliu Pemerhati Budaya Gorontalo itu menuturkan, balai yang hampir seluruhnya terbuat dari kayu ini, menjadi saksi bagaimana Gorontalo telah demokratis sejak dahulu. 

Sebab, sejak dahulu di Gorontalo itu, setiap raja dipilih bukan berdasarkan keturunan, melainkan kriteria yang dibahas bersama Bate. 

"Dulu itu sudah ada sistem trias politika dengan bahasa Gorontalo-nya Utas (3 Pilar) di antaranya, Utas, Tile, dan Tiyamo, jadi kalau Amerika bicara demokrasi nanti di abad 19, Gorontalo sudah bicara demokrasi sejak abad 13," jelasnya. 

Bantayo Poboide itu sebagai penyempurnaan dari sistem pemerintahan tradisional yang sudah jalan saat itu.

Kata Ali, Bantayo Poboide tercetus setelah hadirnya struktur pemerintahan kesultanan Gorontalo yang terdiri tiga lembaga yang disebut Buatulo Towulongo. Dimaknai sebagai tiga serangkai yang menyatu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved