Sri Lanka Bangkrut Gegara 'Jebakan Batman', Oposisi Bentuk Pemerintahan

Sri Lanka jadi negara bangkrut gegara 'jebakan batman'. Rakyat pun mengamuk. Partai oposisi bentuk pemerintahan baru.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Aksi unjuk rasa di Sri Lanka. Terlilit utang, Sri Lanka jadi negara bangkrut gegara 'jebakan batman'. Rakyat pun mengamuk. Partai oposisi bentuk pemerintahan baru. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Terlilit utang, Sri Lanka jadi negara bangkrut gegara 'jebakan batman'. Rakyat pun mengamuk. Partai oposisi bentuk pemerintahan baru.

Oposisi Sri Lanka mengumpulkan kekuatan partai untuk membentuk pemerintahan setelah presiden dan perdana menteri memberi sinyal mundur lantaran bangkrut gegara 'jebakan batman'.

Sri Lanka bangkrut akibat utang menumpuk gegara 'jebakan batman'. Demonstrasi terjadi besar-besaran memaksa oposisi membentuk pemerintahan baru.

Partai oposisi utama Sri Lanka buru-buru membentuk pemerintahan persatuan semua partai, sehari setelah presiden dan perdana menteri mengatakan mereka akan mengundurkan diri dari jabatannya pasca-tekanan publik yang meningkat.

Dilansir Guardian, pada hari Minggu (10/7/2022), para pemimpin partai politik oposisi bertemu membahas transisi kekuasaan yang efektif, menyusul pengunduran diri Presiden Gotabaya Rajapaksa pada 13 Juli.

Perdana menteri pengurus Ranil Wickremesinghe, yang baru menjabat sejak Mei, juga setuju untuk mundur jika pemerintahan semua pihak dapat dibentuk untuk mengambil alih pemerintahan negara tersebut.

Wickremesinghe, yang kediaman pribadinya disinari para demonstran pada hari Sabtu (9/7/2022), menekankan bahwa negara itu menghadapi masa-masa kritis dan membutuhkan pemerintahan yang stabil.

Demonstran tetap tinggal di kediaman Rajapaksa, kantor tepi lautnya dan rumah perdana menteri, mengatakan mereka akan tinggal sampai pengunduran diri resmi. Keberadaan presiden tidak diketahui.

Tentara dikerahkan di sekitar kota dan kepala staf pertahanan, Shavendra Silva, meminta dukungan publik untuk menjaga hukum dan ketertiban. Tapi pasukan hanya menonton dari jauh.

Kerumunan orang bertahan di kolam taman kediaman Rajapaksa yang luas, bersantai di tempat tidur dan mengambil selfie sendiri di ponsel mereka untuk menangkap saat itu.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved